6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Rupiah Melesat Naik Pada Dolar AS

Jakarta, MISTAR.ID
Pada, Senin (26/4/21), US$ 1 dibanderol Rp14.480/US$ di pasar spot. Rupiah melemah 0,28% dibandingkan dengan penutupan perdagangan terakhir pekan lalu.

Itu artinya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali ke zona hijau pada pembukaan perdagangan pasar spot hari ini, setelah menguat 0,27% sepanjang pekan lalu, dan menghentikan tren tidak pernah menguat dalam 9 pekan beruntun.

Rupiah sukses menghentikan tren tidak pernah menguat dalam 9 pekan beruntun melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada minggu lalu, setelah menguat 0,27% ke Rp14.520/US$.

Baca Juga:Rupiah Kian Perkasa di Rp14.512 per Dolar AS

Ini merupakan penguatan mingguan pertama rupiah setelah stagnan pada pekan sebelumnya, dan melemah dalam 8 pekan beruntun. Rentetan tersebut menjadi rekor terburuk sejak September 2015, saat itu rupiah melemah dalam 11 pekan beruntun.

Ruang berlanjutnya penguatan rupiah di pekan ini juga terbuka melihat indeks dolar AS yang melemah 0,96% pada pekan lalu ke 90,859, dan berada di level terendah sejak awal Maret lalu. Indeks yang mengukur kekuatan dolar AS ini kini sudah melemah dalam 3 pekan beruntun dengan total 2,33%.

Selain itu di pekan ini, ada bank sentral AS (The Fed) yang akan mengumumkan kebijakan moneter. Ketua The Fed, Jerome Powell berulang kembali menegaskan tidak akan merubah kebijakan moneternya meski pertumbuhan ekonomi serta inflasi di AS naik lebih tinggi ketimbang prediksi.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles