3.7 C
New York
Saturday, March 23, 2024

Rupiah Lemas Hadapi Dolar AS

Jakarta, MISTAR.ID
Tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF). Sehingga, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tampaknya akan melemah di perdagangan pasar spot hari ini, Senin (18/1/21).

NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula. Sebelumnya pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London.

Baca Juga:Pagi Ini IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat 

Pasar NDF seringkali mempengaruhi psikologis pembentukan harga di pasar spot. Oleh karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot. Padahal NDF sebelumnya murni dimainkan oleh investor asing, yang mungkin kurang mendalami kondisi fundamental perekonomian Indonesia.

Bank Indonesia (BI) pun kemudian membentuk pasar DNDF. Meski tenor yang disediakan belum lengkap, tetapi ke depan diharapkan terus bertambah.

Dengan begitu, psikologis yang membentuk rupiah di pasar spot diharapkan bisa lebih rasional karena instrumen NDF berada di dalam negeri. Rupiah di pasar spot tidak perlu selalu membebek pasar NDF yang sepenuhnya dibentuk oleh pasar asing.(cnbc/hm10)

Related Articles

Rupiah Lemah Terhadap Dolar AS

Rupiah Lesu Terhadap Dolar AS

Rupiah Melemah Lagi

Latest Articles