11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Rupiah dan IHSG Menguat di Awal Pekan

Medan, MISTAR.ID

Masih dalam suasana perayaan Tahun Baru Imlek, beberapa bursa di Asia masih ada yang tutup. Namun, bursa lainnya terpantau dibuka di zona hijau dan kinerjanya mengalami penguatan.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan mengalami penguatan pada sesi pembukaan perdagangan hari ini. IHSG dibuka menguat 0.35% di awal pekan. Dimana IHSG dibuka naik di level 6.244,38,” kata Analis Keuangan Sumut Gunawan Benjamin, Senin (15/2/21).

Menurut Gunawan, belum terlihat sejauh ini akan adanya tekanan pada pasar keuangan. Rupiah di sisi lain juga dibuka menguat di kisaran level 13.960.

Baca Juga:Jelang Libur Imlek, IHSG Ditutup Menguat

“Di pekan ini, kondisi pasar keuangan masih akan bergerak dalam teritori positif, dan tekanan yang terjadi kalaupun ada nantinya, sejauh ini saya melihat tekanan tersebut tidak akan signifikan,” sebutnya.

Walaupun demikian, dikatakannya, pelaku pasar bisa mencermati kemungkinan rehat pasar keuangan disaat mendekati level level tertentu. Seperti level resisten, atau level psikologis yang kerap bisa memicu terjadinya profit taking.

Baca Juga:IHSG Ditutup Turun, Rupiah Menguat

Kinerja pasar keuangan diyakini masih akan bergerak dalam tren positif di pekan ini. Fokus pelaku pasar nantinya akan tertuju pada minutes Bank Sentral AS terkait dengan perkembangan ekonomi terkini dan kedepan. Sejauh ini ekspektasinya adalah adanya pemulihan ekonomi di AS.

“Namun kita belum bisa memastikan seberapa kuat nantinya sentiment tersebut mampu mengarahkan kinerja pasar keuangan ke zona hijau,” pungkasnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles