3.9 C
New York
Tuesday, March 26, 2024

Rupiah dan IHSG Ditutup Perkasa di Akhir Pekan

Medan, MISTAR.ID

Kesepakatan stimulus, ditambah rencana Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan memberlakukan quantitative easing menjadi katalis penguatan bursa di dunia membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tajam 1.49% di level 6.358,21.

“Penguatan IHSG seirama dengan penguatan sejumlah bursa di Asia maupun bursa global pada umumnya,” sebut Analis Keuangan Sumut Gunawan Benjamin, Jumat (12/3/21).

Stimulus dan langkah ECB yang akan masuk ke pasar obligasi menjadi kabar baik bagi pasar keuangan. Kebijakan yang diambil ECB juga mendongkrak kinerja bursa saham di Eropa.

Baca Juga:IHSG Menguat, Rupiah Stabil

“Sejauh ini pasar memang mengkhawatirkan adanya kebijakan guna mengantisipasi pemulihan ekonomi ke depan. Dan langkah yang ditakutkan itu adalah pengurangan pembelian obligasi oleh Bank Sentral yang bisa membuat likuiditas pasar keuangan akan lebih banyak dibanjiri dana investor,” terangnya.

Walaupun pada dasarnya tidak bisa menghindari kemungkinan tersebut di masa yang akan datang, Gunawan mengatakan kunci pemulihan terletak pada vaksinasi. Dan sejauh ini Gunawan melihat bahwa perang terhadap Covid-19 perlahan mulai membuahkan hasil.

“Nah terkait dengan stimulus di AS dan langkah ECB ke depan, mata uang Rupiah menguat terhadap US Dolar. Rupiah ditutup menguat di level 13.385 per US Dolar. Meskipun Rupiah di perdagangan sore terlihat lebih rendah dibandingkan dengan sesi perdagangan pertama kali ini,” tukasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles