11.8 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Rp1 Bisa Dapat Kopi Arabica di Bandara Kualanamu, Cek Caranya Yuk!

Medan, MISTAR.ID

Guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Beli Kreatif Danau Toba 2021 dan perluasan implementasi QRIS, Bank Indonesia Sumatera Utara (Sumut) menyelenggarakan showcasing produk UMKM Binaan dan kegiatan “Ngopi Enak Satu Rupiah” di Bandara Kualanamu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo mengatakan, promo ini berlaku sejak 17 Februari hingga 31 Maret 2021 di setiap hari Sabtu dan Minggu dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

“Jadi pengunjung Bandara Kualanamu bisa mencicipi segelas kopi arabica khas Sumut racikan barista binaan Bank Indonesia Sumut hanya dengan Rp1. Pembayaran kopi tersebut dilakukan menggunakan QRIS. Kegiatan ini merupakan metode sosialisasi dengan menyuguhkan experience langsung penggunaan QRIS,” jelasnya, Senin (22/2/21).

Baca Juga:BI Sumut Dorong UMKM Terapkan Pembayaran Digital QRIS

Showcasing UMKM ini merupakan bagian dari kegiatan Post Launching Gernas BBI yang akan berlangsung hingga akhir Maret 2021. Selain kegiatan showcasing UMKM, beberapa kegiatan lain yang dilakukan adalah penyelenggaraan program inkubasi desain dan produksi fesyen oleh Wignyo Rahadi pada tanggal 22 Februari hingga 11 Maret 2021

Selain itu Chanelling serta Business Matching UMKM dengan marketplace yang dimulai pada tanggal 28 Januari hingga 28 Februari 2021. “Untuk penyelenggaraan showcasing, produk UMKM juga akan digelar di Bandara Kualanmu dan Silangit dari bulan Februari hingga Desember 2021. Ada pula pelaksanaan program edukasi QRIS melalui penayangan video experience penggunaan QRIS,” katanya.

Dengan terselenggaranya seluruh kegiatan ini, pihaknya berharap dapat mendukung UMKM untuk naik kelas dan semakin mantap untuk Go Digital. Kegiatan ini juga diharapkan bisa mendukung perluasan implementasi QRIS untuk transaksi digital UMKM dan komunitas wisata di Sumatera Utara.

“Kontribusi Bank Indonesia dalam Gernas BBI Beli Kreatif Danau Toba 2021 juga merupakan wujud nyata Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Baca Juga:Disosialisasikan, Roadshow Dairi Go Digital Aplikasi Dana Untuk UMKM

Dikatakan, dalam upaya menyukseskan Gernas BBI tahun 2021, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selaku Movement Manager dan berpartisipasi secara aktif dalam rangkaian Gernas BBI BKDT 2021.
Untuk itu, BI Sumut bersama dengan Bank Indonesia Pematangsiantar dan Bank Indonesia Sibolga telah mempersiapkan dua strategi besar untuk mendukung kegiatan tersebut melalui pengembangan UMKM dan ekonomi syariah serta perluasan digitalisasi sistem pembayaran melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) di delapan Kabupaten kawasan Danau Toba.

Dukungan ini dilakukan baik pada saat Pre Launching, Grand Launching, maupun Post Launching. Partisipasi BI Sumut pada saat Pre Launching telah dilakukan sejak tanggal 1 hingga 19 Februari 2021, di antaranya melalui fasilitasi 35 UMKM binaan untuk mengikuti proses kurasi produk oleh Tim Kurator IDEA yang selanjutkan diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan GBBI BKDT 2021.

“Partisipasi pada BKDT Fair di Mall Sumarecon, Serpong, pada tanggal 11 hingga 21 Februari 2021, penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan digital marketing dan pendampingan UMKM bekerja sama dengan marketplace dan melaksanakan roadshow UMKM siap digital bersama Top Brand Gernas BBI BKDT 2021 yaitu DANA pada 15 hingga 18 Februari 2021,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles