22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Rektor USU Ajak Mahasiswa Tingkatkan Literasi Perekonomian

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) memberikan kuliah umum secara daring, dalam bingkai tema ‘Memperkuat Inovasi, Sinergi dan Kepedulian Sosial Sebagai Kontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi Sosial’, Jumat (6/8/21).

Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam sambutannya mengajak mahasiswa untuk meningkatkan literasi perekonomian. Ia menyebutkan, Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Rektor mengatakan, USU bekerja sama dalam menggelar kegiatan BI mengajar guna meningkatkan wawasan dan literasi perekonomian di kalangan perguruan tinggi. Kesediaan ini tentu sangat bermanfaat tidak saja bagi para mahasiswa, namun juga bagi para dosen serta pimpinan USU.

Baca Juga:USU Masuk 10 Besar Peraih Medali Terbanyak Pusat Prestasi Nasional

“Jadi kita dapat mengenal lebih dekat sejumlah kebijakan penting di bidang perekonomian yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam upaya penyelamatan negara dari ancaman krisis di tengah pandemi,” ujarnya.

Muryanto menjelaskan, Indonesia saat ini tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Adanya pandemi, menurutnya mengakibatkan dampak yang luas bagi masyarakat. Pemberlakuan kebijakan pemerintah untuk penanganan pandemi menjadi dilema.

“Peredaran uang di tengah masyarakat yang saat ini cenderung tidak stabil akibat terhentinya beberapa kegiatan ekonomi dan transaksi jual beli karena pemberlakuan PPKM,” ungkapnya.

Baca Juga:USU Keluar dari 10 Besar Kampus Terbaik di Indonesia

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Soekowardojo menerangkan, pelaksanaan BI Mengajar sebagai sebuah program untuk membumikan pengetahuan mengenai perekonomian kepada mahasiswa. Mahasiswa yang diharapkan menjadi pemimpin masa depan diharapkan memiliki pengetahuan perekonomian yang luas.

“BI Mengajar sebagai upaya kita memberikan pemahaman perekonomian yang komprehensif kepada mahasiswa. Selain itu, BI Mengajar merupakan bentuk syukur BI yang baru saja berulang tahun,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles