11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Pulihkan Ekonomi, Kadin Diminta Bangkitkan UMKM di Sumut Dimasa Pandemi

Medan, MISTAR.ID

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Medan berperan aktif dalam upaya perbaikan iklim dunia usaha pasca pandemi Covid-19. Salah satunya bisa ditempuh melalui kolaborasi bersama berbagai sektor untuk mendukung kebangkitan UMKM sebagai tulang punggung pembangunan nasional.

Harapan ini disampaikan Plt Wali Kota Medan saat membuka acara Musyawarah Kota ke-V Kadin, Senin (21/12/20). Acara yang mengusung tema ‘Memperkuat Peran Dunia Usaha yang Berdaya Saing untuk Kemajuan Kota Medan,’ secara resmi dibuka oleh Plt Wali Kota Medan.

Plt Wali Kota Medan mengatakan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, semua orang mengalami kesusahan dan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga beralih profesi menjadi seorang entrepreneur. “Saat ini semua orang mengalami kekurangan dan kesusahan di kehidupan kita sekarang. Banyak yang di PHK sehingga beralih untuk menjadi entrepreneur sebagai pilihan terakhir mereka untuk menyambung hidup. Hanya saja niatnya harus jelas dan benar-benar atas keinginan sendiri, jangan karena terpaksa,” ucap Akhyar.

Baca Juga:Tangkal Korona, Kadin: Batasi Penerbangan Masuk Indonesia

Lebih lanjut Akhyar mengungkapkan, dunia perdagangan sangat cepat mengalami perubahan. Akhyar mengaku sangat senang, sebab dalam beberapa waktu terakhir banyak start-up anak muda yang muncul untuk menunjukkan jati diri mereka.

“Saya sangat senang karena banyak start-up anak muda yang muncul untuk menunjukkan jati diri mereka untuk menjadi seorang entrepreneur. Maka dari itu, saya berharap kepada para pengurus Kadin Kota Medan yang baru nantinya dapat menciptakan pengusaha yang memiliki niat yang tulus untuk menjadi seorang pengusaha,” harap Akhyar.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara mengungkapkan, sudah dua tahun ini Kadin Medan hanya dipimpin Ketua Carateker. Ia berharap melalui MusKota lahir tokoh Ketua Kadin yang dapat berkontribusi untuk Kemajuan Kadin Medan. “Kami berharap dalam MusKota ini akan lahir Ketua Kadin yang dapat mensinkronkan program dengan pemerintah terkait Pemulihan Ekonomi Nasional. Oleh karena itu mari kita bersama-sama membangun daerah,” jelasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles