8.2 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Prospek Pemulihan Ekonomi Suram, IHSG dan Rupiah Dibuka Turun

Medan, MISTAR.ID

Bursa di Asia di awal pekan ini dibuka pada zona merah. Di sisi lain, pelaku pasar tengah mencermati laporan pertumbuhan ekonomi atau GDP China yang akan dirilis pada hari ini, Senin (18/1/21).

Menurut Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan benjamin, sejauh ini ekspektasinya membaik, yang tentunya menjadi harapan bagi potensi pemulihan ekonomi dunia.

Dijelaskannya, yang menjadi persoalan adalah apakah China memang bisa menjadi motor penggerak ekonomi selanjutnya. Karena meskipun tumbuh, jika di bawah harapan tetap saja menyisakan masalah.

Baca Juga:Pagi Ini IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat 

“Selanjutnya, adalah sejumlah Gubernur Bank Sentral di dunia kembali mencemaskan prospek pemulihan ekonomi dunia, di tengah penyebaran Covid-19 yang memburuk. Lockdown diambil oleh sejumlah negara seiring dengan kekhawatiran akan terjadinya penyebaran yang lebih luas. Dan perlambatan ekonomi masih terlihat di depan mata,” jelasnya, Senin (18/1/21) pagi.

Pada pagi ini, IHSG dibuka melemah 0.13% di level 6.365,03. Dan sejauh ini IHSG masih berada di zona merah mendekati level psikologis 6.300.

Baca Juga:Tidak Ada Tekanan, Rupiah Naik Tajam

“Sementara mata uang rupiah juga melemah di level 14.025 dan sejauh ini masih berada di zona merah terhadap mata uang US Dolar. Rupiah masih terus mencoba menjauh dari level psikologis 14.000 per US dolar nya,” terangnya.

Menurutnya lagi, pekan ini sebaiknya investor waspada terhadap beberapa kemungkinan buruk dari sejumlah momen penting dalam waktu dekat. Salah satunya adalah gambaran kebijakan Presiden AS Joe Biden saat menjabat untuk pertama kalinya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles