7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

PPKM Level 4, Okupansi Hotel di Medan Terpuruk 

Medan, MISTAR.ID

Sejak pandemi Covid-19 melanda, pelaku usaha perhotelan juga restoran di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami penurunan omset. Bahkan sejak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 semakin membuat kondisi usaha ini terpuruk.

Dikatakan Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Denny S Wardhana kondisi tingkat hunian (okupansi) kamar hotel saat ini hanya tinggal di bawah 10 persen.

“Kondisi (kamar hotel) kita saat ini, dibawah 10 persen lah. Untuk restoran kondisinya, tidak menutupi operasional, karena tidak boleh makan di tempat,” katanya, Rabu (28/7/2021).

Meski usaha hotel dan restoran terpuruk di tengah pelaksanaan PPKM. Denny mengatakan pihak tetap mengikuti kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di Sumut, khususnya di Kota Medan.

Baca juga: RS Kehabisan Tempat Tidur, Pasien Covid-19 Malaysia Dirawat di Hotel

“Kita mengikuti apa penetapan dari Pemerintah, kita berhadapan tetap bisa berusaha lah,” jelas Denny.

Denny meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dapat membantu pemerintah dalam menekan dan menuntaskan penyebaran Covid-19. Agar ekonomi masyarakat dan usaha kembali berjalan dengan normal.

“Untuk menekan penyebaran Covid-19 diikuti oleh semua lapisan masyarakat, untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan,” kata Denny.

Denny menjelaskan kondisi usaha hotel dan restoran sudah mengalami penurunan drastis sejak tahun 2020, lalu. Dengan itu, banyak karyawan yang harus dirumahkan, tanpa menerima gaji setiap bulannya.

“Kita harapkan ada bantuan diberikan pemerintah seperti memberikan pengurangan biaya beban listrik oleh PLN. Begitu juga, bantuan yang lain dari pemerintah,” tutur Denny.

Denny berharap dengan berakhirnya, PPKM Level 4 di Kota Medan, pada 2 Agustus 2021, mendatang dapat memberikan peningkatan hunian kamar hotel dan menambah penjualan makanan dan minuman di restoran.

Baca juga: Ex Hotel Soechi akan Diuji Coba Lokasi Isoman Positif  Covid-19 Gejala Ringan

“Kita berharap berakhirnya PPKM Level 4 ini diberikan kelonggaran bagi kita. Bukan berarti sekarang tidak bisa berusaha. Kita masih buka, tapi tamunya tidak ada orang. Baik itu kegiatan meeting, pernikahan dan membuat pertemuan sudah tidak ada di hotel. Tamu tidak banyak, terlihat dari kamar terisi. Tamu ada, paling orang melakukan perjalanan dinas saja,” terangnya.

Denny menambahkan pihak juga mengikuti arahan pemerintah agar seluruh karyawan yang masih menjalani tugas dan bekerja di Hotel dan Restoran dilakukan vaksin Covid-19. (Anita/hm06)

Related Articles

Latest Articles