7.8 C
New York
Friday, April 19, 2024

Petani Tolak Rencana Pemerintah Impor Beras

Jakarta,MISTAR.ID

Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih menolak rencana Pemerintah dalam hal ini Perum Bulog untuk mengimpor beras sepanjang produksi pangan bisa disiapkan di dalam negeri.

Hal ini menyusul statement Bulog yang mengatakan cadangan beras saat tidak memenuhi target pemerintah yaitu 1,2 juta ton. Padahal, Kementerian Pertanian sendiri mengatakan pasokan beras masih cukup hingga akhir tahun ini.

Jika mengacu pada peraturan presiden tentang cadangan pangan pemerintah, cadangan beras yang dihitung oleh Bulog hanyalah pasokan yang ada di gudang BUMN itu sendiri.

Padahal, Bulog seharusnya juga menghitung pasokan beras yang ada di pemerintah daerah, seperti provinsi, kabupaten dan kota. Selain itu, cadangan beras yang ada di masyarakat juga harus masuk dalam hitungan Bulog.

Baca juga:Bulog Sumut Pastikan Stok Beras Aman Hingga Desember

“Dan belum dihitung cadangan pangan yang ada di tengah-tengah masyarakat, betulkah beras yang disebut surplus ada di tengah masyarakat petani, atau justru berada di tangan perusahaan besar, korporasi swasta besar beras, kita gak tau, ada pemainnya atau tidak.

Jadi tidak ada penjelasan, dengan tidak ada kebijakan pemerintah soal cadangan pangan daerah dan masyarakat,” papar Henry, dalam keterangan resmi, Selasa (22/11).

Henry menegaskan hal ini juga disebabkan belum maksimalnya kerja Badan Pangan Nasional (Bapanas). Ia menilai Bapanas belum jadi badan pengambil otoritas dalam urusan cadangan pangan. Padahal mandatnya, Bapanas yang menentukan kebijakan cukup kurangnya pangan, impor atau tidak, bukan Bulog.

“Jadi Bapanas belum melakukan otoritasnya, inilah kelemahannya sehingga masih menjadi simpang siur, polemik impor atau tidak impor, sayang sekali, sudah ada Bapanas. Bapanas idealnya untuk mengatasi problematik seperti ini,” katanya.

Henry mengatakan, petani sudah kerja keras untuk berproduksi. Tetapi menurutnya Bulog dan Bapanas yang belum bekerja maksimal. Seharusnya pada saat panen raya memperbanyak gudangnya, bukan saat panen pertengahan atau panen kecil seperti sekarang,” tutupnya.

Baca juga:Kemendag Tak Terbitkan Izin Impor Beras Umum Selama Tahun 2021

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyampaikan jumlah stok yang dikuasai Bulog saat ini sebanyak 625 ribu ton beras di dalam negeri.

Budi mengaku sudah melakukan kerjasama dengan mancanegara dengan menyimpan stok sebanyak 500 ribu ton beras komersil yang berada di luar negeri. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles