9.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Perputaran Uang di Sumut Capai Rp4,60 Triliun Selama Lebaran

Medan, MISTAR.ID

Selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H perputaran uang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) capai Rp4,60 triliun atau mencapai 91 persen.

Dikatakan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Ibrahim capaian uang keluar sebesar Rp4,60 triliun tersebut dari perkiraan Rp5,025 triliun. Dimana perincian uang pecahan besar sebanyak Rp3,89 triliun dan uang pecahan kecil Rp701,4 miliar.

“Nilai kebutuhan uang tersebut sudah termasuk penukaran yang dilakukan langsung oleh masyarakat ke Bank Indonesia sebesar Rp5,75 miliar,” kata Ibrahim, Kamis (12/5/22).

Baca juga: Momen Idul Fitri 2022, Perputaran Uang di Sumut Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu

Ibrahim menjelaskan dari total uang yang keluar saat Lebaran 2022, merupakan kebutuhan masyarakat untuk transaksi secara tunai. Karena, saat Hari Raya Idul Fitri transaksi menggunakan uang tunai sangat tinggi di tengah masyarakat.

“Sementara uang yang sudah beredar di masyarakat sudah ada lagi di Perbankan, jadi lebih besar lagi,” jelas Ibrahim.

Ibrahim mengungkapkan bahwa proses penukaran uang secara umum berjalan dengan baik dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Selain dapat menukar langsung ke BI, masyarakat juga telah memanfaatkan layanan penukaran uang di perbankan secara langsung,” tukas ibrahim. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles