9.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Pengamat: Waspadai Bubble di Pasar Saham

Medan, MISTAR.ID

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini kembali melanjutkan penguatan. IHSG dibuka menguat 0.5% di level 6.421,86. Membaiknya sejumlah bursa di Asia menjadi pendorong penguatan bursa saham di sesi pembukaan. Sementara mata uang rupiah terpantau stabil dengan kecenderungan mengalami pelemahan.

“Dari pasar saham, investor besar yang disurvei menyatakan bahwa tercipta gelembung atau bubble. Saya tekankan sekali lagi ada baiknya berhati-hati. Kinerja indeks saham yang menguat belakangan belum sepenuhnya terkonfirmasi dengan kinerja sektor rill yang mengalami pemulihan,” jelasnya, Selasa (19/1/21) pagi.

Jadi, indeks saham benar-benar dalam posisi yang gampang turun. Tidak membutuhkan isu yang besar untuk membuat gelembung tersebut pecah. “Dan, IHSG sudah turun dalam sejauh ini,” imbuhnya.

Baca juga: IHSG Menguat, Pelaku Pasar Disarankan Tetap Wait And See

Sambungnya, pekan ini juga ada banyak sentimen yang bisa saja memicu gelembung tersebut pecah nantinya. Dan ini yang perlu diwaspadai. Hal tersebut sudah terlihat dari sejumlah saham yang sebelumnya naik secara meyakinkan, belakangan turun bahkan ada yang menyentuh harga terendah atau ARB (Auto Reject Bawah).

“Di sisi lain, rupiah belakangan sulit menguat seiring dengan neraca dagang yang mengecil surplusnya. Impor juga mengalami peningkatan seiring dengan kenaikan harga minyak mentah dunia. Dan rupiah sekalipun mendapat sejumlah amunisi dari gelontoran US Dolar dari stimulus, ternyata tidak lantas membuat rupiah menguat terlalu jauh,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles