7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Pemerintah Kucurkan Dana Triliunan Kepada Usaha Mikro dan UMKM

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan kredit modal kerja kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan anggaran mencapai Rp 100 triliun sampai tahun 2021.

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah memberikan penjaminan kredit modal kerja sebesar Rp 5 triliun sampai Rp 100 triliun sampai tahun 2021.

“Nilai total kredit yang dijaminkan keseluruhan, dengan Rp 5 triliun penjaminan, dan akan bisa cover hingga Rp 100 triliun dan ini bisa 18 bulan, sampai dengan 2021,” jelas Sri Mulyani dalam video conference, Selasa (7/7/20).

Adapun pada tahun ini pemerintah, kata Sri Mulyani menargetkan bisa menyalurkan kredit modal kerja lebih dari Rp65 triliun-Rp80 triliun.

Baca juga: Krisis Ekonomi Era SBY dan Era Jokowi, Bedanya Ada di Buku Sri Mulyani

Sementara, plafon kredit modal kerja yang diberikan kepada UMKM bisa mencapai Rp10 miliar, dengan penjaminan kredit macet dibayar dilakukan oleh PT Jamkrindo dan PT Askrindo.

“Jamkrindo dan Askrindo diberikan PMN (Penyertaan Modal Negara) Rp 6 triliun, dengan masing-masing Rp 3 triliun. Sehingga mereka bisa memiliki kemampuan modal untuk mengcover risiko tersebut,” jelas Sri Mulyani.

Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga Hartarto mengatakan UMKM menjadi prioritas pertama dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Usai UMKM terdampak Covid-19 diberi keleluasaan untuk melakukan restrukturisasi kredit, maka pemerintah melihat bahwa suntikan modal kerja untuk UMKM menjadi sangat penting,” ujar Arilangga.

Baca juga: Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Anggaran Covid-19

Di sisi lain, bank sebagai salah satu penyalur kredit kepada UMKM tetap menerapkan prinsip kehati-hatian di tengah resiko tingginya gagal bayar. Di sinilah peran penjaminan kredit sangat diperlukan. Itulah sebabnya kredit modal kerja tersebut akan dijamin pemerintah.

Oleh karena itu Airlangg berharap, baik Jamkrindo maupun Askrindo secara aktif sudah bisa melaksanakan programnya sehingga modal kerja ini bisa dilakukan perbankan.

Penandatanganan kerja sama penjaminan kredit modal kerja UMKM dalam rangka PEN antara Jamkrindo dan Askrindo dengan bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BRI Agro, Bank BJB, Bank Jatim, BCA, Bank Permata, Bank Jateng, Nobu Bank dan Maybank

Secara seremonial, pemberian kredit modal kerja dari bank kepada UMKM dengan jaminan dari Jamkrindo dan Askrindo, dengan penerima kredit modal adalah PT Cahaya Gasdom, Dewi Jatmujiwati, PT Subarista, Gading Toys, dan Aminah.(cnbc/hm07)

Related Articles

Latest Articles