15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai jadi Pintu Ekspor Pertanian di Indonesia

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Karantina Pertanian Tanjungbalai – Asahan menempatkan pelabuhan Teluk Nibung sebagai pintu ekspor pertanian di Indonesia.

Hal itu terungkap saat Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib
menerima kedatangan rombongan Badan Karantina Pertanian Tanjungbalai-Asahan yang melakukan audensi di rumah dinas Wali Kota, Selasa (8/2/22) sore.

Dalam pertemuan itu pula dipaparkan, bahwa Pelabuhan Teluk Nibung tercatat
sebagai salah satu dari 50 pelabuhan pintu ekspor pertanian di seluruh Indonesia.

Bila Ditinjau dari jalur aspek perdagangan luar negeri. Keberadaan pelabuhan tersebut langsung berhubungan dengan negara Malaysia.

Baca Juga: Nilai Ekspor Komoditas Pertanian asal Sumut Tertinggi di Indonesia

Kepala Badan Karantina Pertanian Tanjungbalai – Asahan Sudiwan Situmorang dalam pertemuannya itu mengatakan bahwa Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan kegiatan Nusantara Ekspor.

“Nusantara Ekspor ini merupakan sebuah acara pelepasan ekspor pertanian. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di Terminal Peti Kemas, Makasar, Sulawesi Selatan pada 16 Maret 2022 mendatang,” katanya.

Dikatakan Situmorang lagi, kegiatan Nusantara Ekspor tersebut nantinya dihadiri dan dilepas langsung oleh Presiden Jokowi. Pelepasannya dilaksanakan secara daring di Istana Negara Kepresidenan RI.

Baca Juga: Ekspor Kecambah Kelapa Sawit Asal Sumut Terus Meningkat

“Nantinya kegiatan ini juga serentak diikuti di 50 pintu ekspor yang ada di seluruh Indonesia,” katanya.

Dalam kegiatan itu, Badan Karantina Pertanian Tanjungbalai-Asahan sebagai pengelola Nusantara Ekspor.

“Terimakasih atas atensi dan dukungannya kepada kami. Semoga acara ini menjadi acara yang membawa kebaikan untuk kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) dan segenap masyarakat Kota Tanjungbalai sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Bsca Juga: Minyak Nabati Masih Menjadi Ekspor Utama Wilayah Sumut

“Kegiatan ini merupakan acara yang sangat bagus dan mampu meningkatkan motivasi masyarakat untuk berusaha di bidang pertanian, terlebih berkaitan dengan ekspor produk pertanian,” pungkasnya.(Eko/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles