6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Pedagang Daging di Asahan di Tengah PMK, Laku 10 Kg Sehari Sudah Mantap

Asahan, MISTAR.ID

Pedagang daging di Pasar Bhakti Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) mengeluhkan parahnya kondisi penjualan sejak adanya penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Kalau sekarang bisa jual 10 kilogram daging saja sehari sudah mantap,” kata seorang pedagang daging bernama Joko, di Pasar Kartini Kisaran, Jumat, (1/6/22).

Joko mengatakan di pasaran harga daging relatif normal yakni Rp110 ribu per kilogram. Jika dibandingkan dengan bulan Ramadhan lalu penjualan harga per kilogramnya mencapai Rp130 ribu.

“Orang takut beli daging karena PMK ini. Kalau dulu sebelum ada penyakit saya bisa jual 60 kilogram bahkan satu ekor lembu sehari,” kata pria yang sudah berjualan daging sejak tahun 1986 ini.

Sejak adanya PMK, Joko mengaku hanya menerima pasokan daging dari lembu lokal yang ada di Kabupaten Asahan sebab sekarang tidak ada lagi masuk dari luar daerah.

“Ngambilnya di rumah potong hewan. Kalau dulu dagingnya dari Simalungun, Aceh, kalau sekarang adanya yang lokal dari sini saja,” kata dia. (perdana/hm09)

Related Articles

Latest Articles