11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

OJK Ingatkan Masyarakat Menjaga Keamanan Rekening

Medan, MISTAR.ID

Maraknya kasus sejumlah nasabah bank yang mendapati saldo rekeningnya berkurang. Seperti yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dimana para nasabah menerima notifikasi atau pemberitahuan mengenai adanya penarikan uang dari tabungan mereka.

“Uang di saldo saya yang hilang ada Rp 51,4 juta. Padahal, saya tidak merasa menarik uang sebesar itu,” kata seorang nasabah bank bernama Nur yang dilansir media pada Senin 5 April 2021.

Selain itu terbaru, nasabah bernama Muchamad Basri (27), warga asal Bekasi mengaku terkejut ketika saldo di rekeningnya berkurang secara tiba-tiba. Total saldo hilang dari rekening bank mencapai Rp6 juta. Padahal, dia mengaku tidak melakukan penarikan uang.

Baca juga: Data Kamu Dicuri? Begini Cara Cek Data yang Bocor di Internet

Karena maraknya kasus ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengimbau pada masyarakat luas untuk menjaga keamanan rekening. Dikatakan Humas OJK Regional 5 Sumbagut, Yovie Sukandar modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

“Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi,” terangnya, Kamis (27/5/21).

Yovie juga meminta masyarakat untuk waspada potensi kejahatan yang bisa terjadi seperti kloning dan skimming. Bila mengalami kendala, segera hubungi layanan kontak bank yang digunakan. Nasabah juga bisa mengunjungi website resmi bank terkait untuk mengetahui nomor teleponnya.

“Untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan dapat menghubungi Kontak OJK 157 melalui telepon 157, layanan whatsapp 081 157 157 157 atau melalui portal kontak157.ojk.go.id @kontak157,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles