15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Menjelang Ramadhan di Siantar, Harga Daging Ayam dan Ikan Bersaing Turun

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Beberapa pekan terakhir ini, harga sejumlah komoditas seperti ayam dan ikan menjelang puasa ramadhan 2021 di pasar tradisional Kota Pematangsiantar mengalami penurunan.

“Harga daging ayam sudah tak tentu kak. Kadang turun, kadang tiba-tiba naik lagi. Tapi tidak terlalu lah perubahan harganya. Sekarang harganya Rp23 ribu per kilogram, padahal sebelumnya sempat Rp 22 ribu. Tapi bisa jadi besok turun lagi,” ucap Mukri, salah satu pedagang ayam potong di pasar Dwikora, Sabtu (27/3/21).

Biasanya, pada saat menjelang ramadhan begini, kata dia, harga ayam sudah mulai naik, karena permintaan mulai meningkat. Tapi, sekarang justru terbalik, malah harganya turun. Stok ayam juga sambung dia banyak di peternakan.

Baca Juga: Harga Daging Ayam di Siantar Makin Murah

Beda dengan Ayu. Pedagang ayam yang satu ini mengatakan, harga daging ayam turun terus karena bersaing dengan harga ikan yang ikutan turun. Hal ini kata dia lagi, menjadi momen orang-orang untuk beralih mengonsumsi ikan ketimbang ayam.

“Ikan lagi banjir sepertinya, ditambah lagi harganya pun ikutan turun, sedangkan pembeli yang datang ke pasar pun tak terlalu banyak seperti dulu. Orang masih takut dengan virus corona,” katanya.

Ditempat terpisah, Jaya, yang berdagang ikan di pasar Dwikora, menjelaskan beberapa jenis ikan laut segar dijualnya sejak pagi hari. Diantaranya, ikan tongkol dan dencis atau sarden, harganya jauh lebih murah dibandingkan ayam.

“Ikan tongkol yang kecil Rp18 ribu per kilo, sedangkan dencis udah turun menjadi Rp22 ribu. Tentunya lebih murah ikan, dibandingkan ayam, jumlahnya pun banyak,” katanya sambil tertawa.

Selain itu ada pula ikan air tawar seperti lele dan patin, harganya jauh lebih murah dibanding harga sebelumnya, antara Rp20 hingga 24 ribu per Kg.(yetty/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles