6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

McDonald’s Setop Bisnis di Rusia Akibat Invasi ke Ukraina

KIev, MISTAR.ID

McDonald’s akhirnya memutuskan meninggalkan Rusia setelah 30 tahun berbisnis di negara tersebut sebagai dampak invasi ke Ukraina yang menyebabkan krisis kemanusiaan dan ekonomi di negara tersebut.

McDonald’s berencana menjual semua restorannya. Dalam pernyataan resmi, McDonald’s mengatakan ini merupakan langkah lanjutan setelah mereka menutup sementara restoran di Rusia dan menunda bisnis di sana.

Setelah dijual, restoran yang baru tak boleh lagi memakai nama, logo, branding dan menu McD. Jenama ini mengatakan, prioritas mereka adalah memastikan para karyawan di McDonald’s Rusia terus mendapatkan gaji hingga semua transaksi dihentikan dan mereka akan dipekerjakan oleh buyer potensial.

Baca juga: Poldasu Minta Promo BTS Meal Mcd Dihentikan Sementara

“Kami sangat bangga terhadap 62.000 karyawan yang bekerja di restoran kami, bersama ratusan pemasok Rusia yang mendukung bisnis kami dan waralaba lokal kami. Dedikasi dan kesetiaan mereka terhadap McDonald’s membuat pengumuman ini sangat sulit,” kata Presiden dan Chief Executif Officer McDonald’s Chris Kempczinski dalam pernyataan.

Jaringan restoran siap saji yang dikenal lewat burger ini mewakili ketegangan Perang Dunia yang telah mencair dan jadi cara mencicipi makanan Barat, meski harga sebuah burger beberapa kali lebih mahal dibandingkan anggaran harian banyak penduduk, dikutip dari Reuters.

“Sebagian mungkin berargumen menyediakan akses makanan dan terus mempekerjakan puluhan ribu masyarakat adalah hal yang benar,” kata dia dalam surat terhadap karyawan. “Tapi tak mungkin mengabaikan krisis kemanusiaan yang disebabkan perang di Ukraina.”

Meski sebagian besar restoran di Rusia tutup, beberapa tetap buka, membuat popularitas McDonald’s kian meroket. Pada akhir pekan, antrean panjang terlihat di restoran di Stasiun Leningradsky, Moskow, salah satu cabang yang masih buka di ibu kota, seperti diperlihatkan di media sosial, demikian media dikutip Selasa. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles