5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Masih di Bawah Tekanan, IHSG dan Rupiah Berada di Zona Merah

Medan, MISTAR.ID

Pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah di level 6.252,71 dan masih terus melemah hingga mendekati level psikologis 6.200.

Tekanan IHSG masih berlanjut pada hari ini, dan IHSG akan kesulitan untuk berbalik arah dan bertahan di zona hijau. Sentimen positif yang dinanti saat ini adalah testimony dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) walau tak memiliki pengaruh yang besar.

Hal ini dikatakan Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin pada sesi pembukaan IHSG, Selasa (26/1/21). Menurutnya bursa asia kembali banyak yang masuk ke zona merah pada sesi pembukaan perdagangan hari ini. “Ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS) kian memanas, diplomasi antara kedua negara kian memburuk. Seperti dugaan saya sebelumnya, sikap AS terhadap China tidak akan berubah meskipun AS telah memiliki Presiden yang baru,” kata Gunawan.

Baca Juga:Penutupan Perdagangan IHSG Minus, Rupiah Naik

Ketegangan ini akan membuat ekspektasi pemulihan ekonomi global tidak akan optimal. Justru masih akan kesulitan untuk keluar dari tekanan resesi. Dan dimasa yang seperti ini justru potensi resesi berkepanjangan kian besar.

“Selain itu,dampaknya akan membuat pasar keuangan sangat rapuh. Pasar keuangan akan sangat volatile di tengah ancaman perang yang meluas,” jelasnya.

Disisi lain, hal yang sama juga menimpa Rupiah. Kinerja mata uang Rupiah diperdagangkan melemah pada hari ini. Rupiah terkoreksi di kisaran level 14.057 per US Dolar. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles