8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Ini Yang Bikin Aset Tommy Soeharto Tak Laku Dilelang Rp2,4 Triliun

Jakarta, MISTAR.ID

Hingga Sabtu (15/1/22), aset Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang dilelang pada Rabu (12/1/22) lalu seharga Rp2,4 triliun tidak laku-laku. Padahal aset atas nama PT Timor Putra Nasional (TPN) tersebut sebagai jaminan yang disita pemerintah terkait utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) baru-baru ini.

Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani menilai, penyebab aset Tommy tidak laku dilelang kemungkinan karena sedang sulitnya perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

“Kita sadari bersama bahwa kondisi saat ini perekonomian seperti apa, itu mungkin jadi salah satu faktor. Karena aset ini kan berupa tanah, orang beli buat investasi, pasti berpikir untuk investasi saat sekarang ini, beli tahun ini kira-kira 1-2 tahun balik lagi nggak?” kata wanita yang akrab disapa Ani dalam Bincang Bareng DJKN secara virtual, Jumat (14/1/22) kemarin.

Baca Juga:Aset Tommy Soeharto Rp2,42 T Akan Disita Pemerintah Menuai Polemik

“Itu mungkin jadi pertimbangan kenapa tidak ada peminat atau yang menyetorkan jaminan pada saat lelang kemarin,” tambahnya.

Terkait dugaan calon pembeli takut aset Tommy Soeharto jadi sengketa, Ani tidak mengetahuinya. Yang jelas, aset tersebut dijamin legalitasnya dan sudah sesuai ketentuan karena pelelangan dilaksanakan oleh negara dengan tujuan untuk mengembalikan uang kepada negara.

“Pasti sudah ada legalitasnya salah satunya sertifikat, tentunya kita sudah punya sertifikat karena yang paling urgent untuk melaksanakan lelang adalah bukti kepemilikan sama yang melelang itu berhak nggak. Dalam hal ini yang memohon lelang adalah PUPN dalam hal ini pemerintah, pasti berkapasitas,” tuturnya.

Untuk diketahui, Tommy Soeharto melalui PT TPN memiliki utang BLBI sebesar Rp2,374 triliun. Sebagai upaya pengembalian utang kepada negara, akan dijadwalkan ulang untuk pelelangan kembali.

Baca Juga:Sederet Aset Tommy Soeharto Akan Disita Terkait Utang BLBI

Daftar aset Tommy Soeharto:
a. Sebidang Tanah SHGB No. 3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing.

b. Sebidang Tanah SHGB No. 4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing.

c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka.

d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip. (detik/hm12)

Related Articles

Latest Articles