10.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Ini Daftar Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Usai Pandemi

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan ada sepuluh pekerjaan yang paling dibutuhkan usai pandemi Covid-19. Hal itu diketahui dari hasil survei yang mereka lakukan terhadap 1.105 perusahaan mengenai pengaruh pandemi Covid-19 terhadap kesempatan kerja.

Dari hasil survei didapat kesimpulan pekerjaan yang paling dibutuhkan antara lain di bidang penjualan, pemasaran, dan humas. “Dari hasil survei ditemukan terdapat 10 jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan. Yang pertama adalah profesional penjualan, pemasaran dan humas,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono, Selasa (24/11/20).

Kemenaker menyebut 18,7 persen perusahaan yang disurvei menyatakan membutuhkan pekerja profesional di bidang itu. Kedua, pekerja penjualan lain. Menurut hasil survei, 13,5 persen perusahaan yang menjadi responden menyatakan membutuhkan pekerja penjualan lain. Ketiga, tenaga teknik operasi TIK dan pendukungnya. Sebanyak 4,4 persen yang disurvei menyatakan membutuhkan tenaga bidang itu.

Baca Juga:Skill yang Anda Perlukan untuk Sukses dalam Pekerjaan

Keempat, pengemudi mobil, van, dan sepeda motor serta tenaga perkantoran umum. Hasil survei menunjukkan 3,8 persen perusahaan membutuhkan pengemudi mobil, van, dan sepeda motor serta tenaga perkantoran umum kalau pandemi sudah kelar. Kelima, operator mesin stasioner dengan persentase 3,2 persen perusahaan yang disurvei. Keenam, pekerja pertambangan dan konstruksi dengan persentase 3,1 persen perusahaan yang disurvei. Ketujuh, pekerja instalasi dan reparasi peralatan listrik dengan jumlah 2,8 persen perusahaan yang disurvei.

Kedelapan, tenaga administrasi profesional dengan jumlah 2,4 persen perusahaan yang disurvei. Kesembilan, pekerja kasar dengan jumlah 2,3 persen responden. Kesepuluh, ahli di bidang teknologi. Menurut survei yang dilakukan di 17 sektor usaha, 72 persennya di Pulau Jawa, keterampilan dalam bidang teknologi paling dicari setelah pandemi.

Sekitar 26,9 persen dari perusahaan yang disurvei membutuhkan pekerja dengan keterampilan teknologi, 6,2 persen perusahaan butuh keterampilan fisik dan manual, 4,1 persen perusahaan butuh keterampilan emosional dan sosial, serta 1,9 persen perusahaan butuh pekerja dengan keterampilan kognitif lanjutan. Sebanyak 42,4 persen perusahaan responden menyatakan membutuhkan semua jenis keterampilan tersebut. (cnn/ant/hm12)

Related Articles

Latest Articles