27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

IMF: Saat Ini Dunia Resesi

Jakarta, MISTAR.ID

Dunia kini tengah dalam resesi. Semuanya terjadi karena wabah korona (Covid-19). “Kami menyatakan dunia sekarang dalam resesi,”kata Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Gerogieva sebagaimana dilansir CNBC Internasional, Sabtu (28/3/2020).

Menurutnya, pemimpin dunia harus bersama-sama mengalahkan virus ini. Jika tidak kompak, negara manapun tak akan mampu keluar dari korona.

“Kita seharusnya tidak jalan .. dengan langkah-langkah kecil, padahal kita tahu ini krisis yang besar,” katanya.

Ia menilai, IMF tidak pernah melihat ekonomi dunia diam seperti saat ini. Sekarang yang harus kita lakukan, bagaimana merevitalisasi itu, ini jadi topik penting lain.”

Sebelumnya, IMF mengaku akan mengucurkan pinjaman hingga US$1 triliun atau Rp16.000 triliun untuk membantu sejumlah negara dari dampak kemanusiaan akibat korona. Bantuan ini dikhususkan untuk negara berkembang yang menjadi anggota IMF.

Selain itu, IMF menyatakan akan memberi bantuan pembiayaan utang dan instrumen keuangan lainnya dengan cepat kepada anggota-anggotanya yang membutuhkan. IMF juga akan mengeksplorasi opsi tambahan untuk membantu anggota yang mengalami kekurangan valuta asing.

“Masalah-masalah ini akan dibahas oleh Dewan Eksekutif IMF dalam beberapa minggu mendatang dengan maksud untuk membawa paket langkah-langkah yang kuat untuk pertimbangan IMFC di Pertemuan Musim Semi. Tujuan bersama kami adalah membuat respons krisis IMF semakin efektif dalam membantu para anggotanya mencapai pemulihan yang lebih cepat dan lebih kuat,” ungkap IMF.

Berdasarkan data Wordlometer, kasus korona secara global adalah 664.103, dengan angka kematian 30.883 kasus dan sembuh 142.361. Sudah 199 negara yang terinfeksi.

Sumber: CNBC
Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles