8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

IHSG Menguat, Rupiah juga Menguat di Bawah Rp14.000

Medan | MISTAR.ID

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih berada dalam teritori positif. IHSG masih lanjut mengalami penguatan di sesi pembukaan.

“Seiring belum adanya sentimen negatif khususnya data-data ekonomi yang disajikan. Data yang tersaji sejauh ini masih memungkinkan buat IHSG untuk berada di zona hijau. Pagi ini, IHSG dibuka menguat di level 6.232,10. Dan sejauh ini masih terus mengalami penguatan,” terang Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (9/2/21).

Sementara itu, bursa global pada perdagangan sebelumnya juga masih mencatatkan penguatan. Kinerja bursa di luar tersebut tentunya menjadi salah satu pendorong penguatan IHSG. Sehingga belum ada hambatan eksternal bagi pasar keuangan khususnya bursa saham untuk bertahan di teritori positif.

“Untuk kinerja mata uang Rupiah, sejauh ini diperdagangkan menguat dan mampu menembus level psikologis Rp14.000. Kinerja mata uang rupiah pada saat ini diperdagangkan dikisaran Rp13.999 per US Dolar. Pada dasarnya secara fundamental ruang penguatan Rupiah cukup lebar. Dimana Rupiah berpeluang untuk menguat di 13.700 per US Dolar,” jelas Gunawan.

Namun, tren penguatan Rupiah tertahan di level 14 ribuan selama ini. Memang penguatan yang terlalu tajam juga berpeluang memperburuk kinerja ekonomi. Terlebih dengan neraca dagang yang menggerus surplus.

“Maka untuk mata uang Rupiah tersebut, saya menilai dalam waktu dekat tidak akan terlalu jauh dari level 13.900 hingga 14.100 per US Dolar,” tukasnya. (Anita/hm13)

Related Articles

Latest Articles