9.1 C
New York
Friday, March 29, 2024

IHSG Ditutup Turun, Masih Dimotori Sentimen Teknikal

Medan, MISTAR.ID

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0.39% di level 6.043,84. Level terendah IHSG, Selasa (2/2/21) berada di level 6.018 dan level tertinggi berada di angka 6.157,25.

“IHSG sendiri mendapatkan banyak tekanan pada perdagangan sesi kedua. Dimana IHSG bergerak sepenuhnya di zona merah. Namun tekanan ini saya nilai wajar saja. Teknikal memegang peranan besar pada perdagangan hari ini, di tengah minimnya data-data ekonomi yang mendukung pergerakan pasar,” sebut Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (2/2/21) sore.

Tetapi melihat pola pergerakan hari ini, sambung Gunawan profit taking masih terus mewarnai perdagangan di bursa. “Saya justru mewanti-wanti kalau nanti ada faktor negatif yang memicu terjadinya koreksi lebih dalam. Karena pada dasarnya pelaku pasar hari ini lebih memilih untuk keluar dibandingkan mengakumulasi portofolio di pasar saham,” jelasnya.

Baca Juga:Gejolak Pasar Saham Sementara Berakhir, IHSG Menguat

Maka dengan sentimen buruk sedikit saja, Gunawan melihat IHSG berpeluang turun di bawah 6.000. Dan di akhir pekan ini, data pertumbuhan ekonomi nasional akan menjadi salah satu potensi pemicu terjadinya koreksi.

Untuk mata uang Rupiah, sejauh ini kinerjanya masih stabil dan tidak mengalami banyak perubahan. Rupiah pada hari ini ditutup di level 14.025. Tidak jauh berbeda dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles