15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

IHSG Ditutup Naik, Rupiah Turun 

Medan, MISTAR.ID

Sempat diperdagangkan di dua zona, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya mampu melawan tekanan tersebut dan berbalik hingga tetap berada di zona hijau pada sesi penutupan perdagangan, Selasa (5/1/21).

“IHSG ditutup naik 0.53 persen di level 6.137,34. Kinerja IHSG menguat seiring dengan membaiknya beberapa bursa di Asia. Sementara itu, kinerja bursa di Eropa juga dibuka menguat,” kata Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (5/1/21).

Meskipun penguatan sejumlah bursa dunia saat ini dalam kenaikan yang terbatas, sehingga masih sangat mungkin terjebak di zona merah. Dikatakan Gunawan, tekanan pada IHSG belum berakhir seandainya nanti saat bursa AS dibuka justru diperdagangkan di zona merah.

Baca Juga:IHSG dan Rupiah Pagi Ini Terkoreksi 

Akan ada rilis data ISM Manufaktur di AS yang diperkirakan akan mengalami penurunan. Meskipun masih dalam fase ekspansi karena indeksnya akan bernilai di atas 50. Penurunan tersebut diyakini akan direspon negatif oleh bursa di wall street.

“Sentimen ini nantinya sangat potensial memberikan tekanan lanjutan pada perdagangan saham di keesokan harinya,” imbuhnya.

Sementara itu, berbeda dengan IHSG, mata uang rupiah diperdagangkan melemah pada perdagangan hari ini. Kinerja mata uang rupiah memburuk dan ditutup melemah di level 13.915 per US Dolar. Laju penguatan rupiah pada perdagangan kemarin terhenti. Namun, Rupiah diyakini masih akan berkonsolidasi di kisaran level 13.900 hingga 14.000 dalam jangka pendek. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles