8.8 C
New York
Thursday, March 28, 2024

IHSG Dibuka Menghijau, Pengamat: Awas Bisa Turun Tiba-tiba

Medan, MISTAR.ID

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pembukaan pagi ini berada di zona hijau. IHSG dibuka naik di level 6.281,86. IHSG memang tengah mencoba untuk menguat melampaui level psikologis 6.300.

“Hal ini seiring dengan penguatan bursa Asia yang turut dibuka menghijau pada sesi pembukaan perdagangan hari ini.

Walaupun sebenarnya data ekonomi yang dirilis dari China, dimana aktivitas sektor manufaktur di China mengalami perlambatan yang pada dasarnya ini menjadi kabar buruk bagi pasar keuangan,” terang Analis Keuangan Sumut Gunawan Benjamin, Senin (1/3/21).

Baca Juga:Rupiah dan IHSG Terpukul Sangat Dalam di Akhir Pekan

Diterangkannya, kenaikan ini bisa jadi memang pemicu penguatan bursa saham pada hari ini, Senin (1/3/21), dikarenakan telah disahkannya stimulus oleh DPR AS, yang selangkah lagi tinggal menunggu persetujuan senat.

“Stimulus tersebut dikebut untuk disahkan sebelum 14 Maret mendatang. Ditambah lagi, pelaku pasar melihat adanya potensi laju kenaikan yield obligasi di AS akan tertahan. Hal ini memang bisa saja membuat pasar keuangan berada di zona positif pada hari ini,” sebutnya.

Baca Juga:Yield Obligasi AS Naik, IHSG dan Rupiah Anjlok

Namun, rilis data ekonomi di sejumlah negara besar justru menjadi kabar buruk selama sepekan ini. Dan ini yang harus diwaspadai. “Jadi jangan terlena dengan kenaikan bursa saham pada hari ini. Lakukan mitigasi kemungkinan penurunan yang diakibatkan oleh aksi jual secara tiba-tiba,” jelasnya.

Sementara, mata uang rupiah terpantau melemah mendekati level 14.300 per US dolar. Sejauh ini, kinerja mata uang rupiah diperdagangkan di kisaran level 14.290 per US dolarnya. Pelemahan rupiah ini lebih mencerminkan kondisi fundamental ekonomi merujuk pada data-data yang dinilai tidak menguntungkan.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles