17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

IHSG dan Rupiah Berlanjut Turun

Medan, MISTAR.ID

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup melemah. IHSG terpantau menguat di sesi awal pembukaan perdagangan. Selebihnya IHSG berada di zona merah hingga sesi perdagangan berakhir.

“Pada hari ini IHSG ditutup melemah 0.51% di level 6.277,23. Pelaku pasar lebih memilih untuk keluar dahulu hingga kabar terkait besaran suku bunga diumumkan,” ujar Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin, Rabu (17/3/21) sore.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah ditutup melemah di level 14.427 per US Dolar pada perdagangan kali ini. Pasar keuangan terkesan sangat berhati-hati menjelang keputusan bunga acuan.

Baca Juga:IHSG Menguat, Rupiah Melemah

“Disisi lainnya, saya melihat ada beberapa masalah serius yang mengoreksi ekspektasi pemulihan ekonomi global. Salah satu di antaranya adalah semakin banyak negara yang menunda penggunaan vaksin AstraZeneca sehingga memunculkan ke khawatiran baru di pasar keuangan,” sebutnya.

Sementara itu, kebijakan moneter Bank Sentral AS nantinya juga dibayangi kenaikan Yield obligasi di pasar keuangan AS. Sejauh ini kenaikan yield menjadi masalah bagi kinerja pasar saham.

“Apabila The FED justru memberikan sinyalemen bahwa pembelian obligasi memungkinkan untuk dikurangi. Maka pasar saham nasional maupun kinerja Rupiah berpotensi untuk mengalami tekanan lanjutan nantinya,” tutupnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles