IHSG Bertahan Menguat, Rupiah Dibuka Melemah

Ilustrasi rupiah melemah. (f:Gom Tobing/mistar)

Medan, MISTAR.ID

Kinerja bursa di Eropa dan Amerika di perdagangan sebelumnya bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Banyak bursa yang ditutup menguat tipis. Sementara di bursa Asia pagi ini, kinerjanya juga tidak jauh berbeda, meskipun di beberapa bursa terjadi penguatan yang lebih tinggi dibandingkan sejumlah bursa di Eropa dan Amerika.

Hal ini dikatakan Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, menurutnya bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang memang sudah mendapatkan dorongan untuk menguat tajam sebelumnya, berpeluang untuk bergerak seirama dengan sejumlah bursa global tersebut.

Dijelaskannya IHSG tidak akan terpaut jauh dibandingkan dengan kinerja rata-rata bursa lainnya. Karena memang minim sentimen. Untuk sentimen besar yang mendorong IHSG sudah berlalu.

Baca juga: IHSG Aman, Kinerja Rupiah Kian Terpuruk

“IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini naik tipis di level 6.445,90. Dan sejauh ini IHSG tidak beranjak jauh dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Jadi IHSG berpeluang untuk turun, meskipun hanya didorong oleh koreksi sehat secara teknikal,” sebutnya, Kamis (14/1/21) pagi.

Sementara itu, mata uang rupiah kembali dibuka melemah pada perdagangan pagi ini. rupiah sejauh ini mendekati level 14.100 per US dolar. Rupiah saat sesi pembukaan juga melemah di level 14.075 per US dolarnya. (anita/hm09))