10.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Hati-hati, Harga Emas Rawan Longsor!

Jakarta, MISTAR.ID

Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran atau satuan. Sepanjang minggu kemarin, harga emas dunia di pasar spot naik 0,6% secara point-to-point. Harga komoditas in mulai nyaman di atas US$ 1.800/troy ons.

Memang, harga emas dunia bergerak naik sepanjang pekan lalu. Ke depan, bagaimana prospek harga sang logam mulia? Pada Senin (6/9/21), harga emas dunia masih naik. Pada pukul 06.01 WIB, harga di pasar spot tercatat US$ 1.827,96/troy ons. Naik 0,1% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

Namun sepertinya euforia kenaikan harga emas tidak akan bertahan lama. Soalnya, ada risiko harga bakal ‘longsor ‘ ke bawah US$ 1.800/troy ons.

Baca Juga:Meski Harga Turun, Masa Depan Emas Diprediksi Cerah

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga emas akan cenderung turun. Dia menilai target harga di kisaran US$ 1.788-1.797/troy ons cukup realistis.
“Harga emas memang sedang mengalami proses konsolidasi. Namun proses ini sudah berlangsung terlalu lama, sehingga potensi harga naik menjadi samar-samar,” sebut Wang dalam risetnya.

Wang menambahkan, ada dua titik harga yang patut dicermati oleh investor yaitu titik support US$ 1.800/troy ons dan resistance di US$ 1.828/troy ons. Jika titik support tertembus, maka risiko koreksi hingga ke US$ 1.773/troy ons menjadi terbuka. Namun kalau titik resistance yang tertembus, maka bersiaplah harga emas bisa mencapai US$ 1.862/troy ons. (cnbc/hm12)

Related Articles

Latest Articles