14.5 C
New York
Friday, April 12, 2024

Hari Paskah di Siantar, Penjual Bunga Mendulang Rezeki

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Setiap perayaan Paskah tiba, tidak sedikit umat Kristiani berziarah ke makam keluarga. Ini dapat terlihat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen yang ada di Kota Pematangsiantar, sangat banyak peziarah yang datang ke pemakaman, Jumat (2/4/21).

Amatan Mistar di lapangan, momen seperti ini dimanfaatkan para pedagang bunga musiman. Mereka terlihat menggelar lapak usahanya pada tepi jalan pusat Kota Pematangsiantar, di antaranya, di Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka, Jalan Dr Wahidin.

Hendra, salah seorang pedagang bunga musiman, mengatakan, bunga yang dijualnya laris manis dibeli para peziarah. Tahun ini kata dia sangat berbeda dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: TNI-Polri, Ormas Islam dan OKP Pastikan Ibadah Paskah Aman di Dairi

“Tahun lalu, awal virus corona datang, ziarah kubur dianjurkan untuk tidak dilaksanakan. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus corona. Penjualan pun turun drastis lah, banyak bunga terbuang. Tapi sekarang hasil jualan kami lumayan, sudah ramai pembeli sejak dua hari kemarin. Keuntungan bisa sampai 40 persen jauh dari tahun lalu,” ucapnya.

Bahkan, para pedagang bunga di sekitar Pasar Horas Pematangsiantar mengaku, mereka berjualan sampai malam hari karena pembeli terus ramai.

Nande Bungo, salah seorang pedagang mengaku itu. Katanya, tahun pendapatannya lumyan baik dibanding tahun lalu.

Baca Juga: Jelang Paskah, Penjual Bunga di Balige Kais Rejeki

Para pembeli bukan hanya yang ziarah di Siantar, tapi juga yang akan ziarah di luar Siantar seperti Toba, Samosir dan Humbahas.

“Tadi, ada juga yang beli bunga datang dari luar kota. Katanya, mau ziarah ke makan bapaknya di Samosir,” katanya.

Pengakuan pedagang itu, bunga yang paling diminat pembeli, adalah bunga krisan, karena harganya lebih ekonomis hanya Rp15.000 satu ikat.

Harga tiap jenis bunga yang dia jual bervariasi, dari yang murah hingga yang mahal. Dan paling diminati dari semua bunga, adalah aster putih Rp25 ribu untuk 3 tangkai bunga. Selain itu ada juga bunga mawar, sedap malam, dan bunga lainnya.

Bunga yang mereka jual, lanjut dia, kebanyakan didatangkan dari Berastagi dan Kabanjahe.(yetty/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles