6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Harga Tomat Kembali Naik, Harga Sayuran Turun

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Beberapa hari ini, harga tomat mengalami kenaikan, sementara harga sayuran walau sedikit bervariasi namun dominan memperlihatkan harga yang cenderung turun.

Pantauan Mistar di pasar tradisionil Kota Pematangsiantar, Minggu (14/2/21), harga tomat naik hampir 50 persen atau menjadi Rp10 ribu per kg, sementara harga sebelumnya hanya di kisaran Rp6.000 per kg.

Keterangan para pedagang dan pemasok, selain produksinya menurun, pasokannya di pasar tradisional juga minim.

Baca Juga: Harga Emas Stagnan, Stok Terkecil di Pegadaian Ukuran 2 Gram

Salah seorang pedagang, R Siahaan menyebutkan, kenaikan harga tomat tersebut akibat minimnya pasokan dari para petani lokal. Ditambah lagi kenaikan tersebut dikarenakan beberapa daerah penghasil tomat gagal panen.

“Tomat dan cabe yang tetap naik, lainnya sudah mulai turun. Apalagi sayur sayuran sudah pada turun harganya,” ujarnya.

Dia menyebut, walaupun harga sayuran menurun, hal ini tidak dibarengi dengan meningkatnya pembeli. Tetapi untuk harga sayuran dan bahan pokok, harga jualnya tidak bisa dipastikan karena karena selalu berubah-ubah.

Baca Juga: Menjelang dan Pasca Imlek, Harga Ikan Naik Hingga 30 %

“Tapi saat ini harganya di kisaran harga normal. Harga bayam aja sudah turun menjadi Rp1.000 per ikat. Padahal, sebelumnya naik 100 % lebih menjadi Rp5.000 per ikat. Begitu pula harga sayuran lainnya,” jelas wanita paruh baya ini.

Hal serupa juga dikatakan Janser Purba. Menurunnya, harga sayur mayur tidak memengaruhi jumlah pembeli. Tapi dia memastikan harga sayur mayur semakin tidak bisa diprediksi. Kenaikan dan penurunan pasti akan terjadi bergiliran dengan selisih besar.

“Kemarin cabai aja udah mulai normal menjadi 30 ribuan per kilogramnya. Tau-tau naik lagi menjadi 40 ribu per. Nanti kalau turun, turunnya drastis lagi. Harga cabai memang tidak dapat diprediksi,” ucapnya.

Menurutnya, mungkin karena butuh saja setiap hari, dimana masyarakat kalau mau masak perlu cabai, bawang, tomat, mau harga mahal atau nggak ya tetap dibeli. Sementara itu, harga bawang pun sudah kembali normal, dimana harga bawang merah sama dengan bawang putih berada di kisaran harga Rp24 ribu per kg.(yetty/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles