11.7 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Harga Tomat dan Cabai di Siantar Anjlok

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga tomat dan cabai di sejumlah Pasar Tradisional Kota Pematangsiantar anjlok, sejak satu pekan terakhir.

Harga cabai rawit yang harganya sempat menyentuh 52 ribu per kilogram kini anjlok. Harganya cuma Rp 20 ribu per kilogram. Begitu juga harga cabai merah turun menjadi Rp20.000 per kilogram dari harga semula Rp26.000 per kilogram.

pedagang cabe di pasar horas P.siantar(f:yetty/mistar)

“Minggu lalu harga tomat masih Rp10.000 per kilogram, tetapi minggu ini harga turun drastis menjadi Rp 4.000 per kilogram,” ungkap salah satu pedagang sayur mayur, Rita Manurung, Minggu (8/8/21).

“Harga ini bisa jadi akan turun kembali hingga minggu depan,” tutur dia.

Menurut para pedagang di pasar tradisional Dwikora mengatakan kondisi itu disebabkan stok tomat dan cabai saat ini sedang melimpah. Pasokan dari petani ke pasar melimpah, sebab barang dari luar kota pun ada masuk ke Pematangsiantar.

Baca juga: Waduh!! Harga Cabe Rawit Tembus Rp55 Ribu Per Kg

Pedagang lainnya, Barnandus Haloho menyebutkan anjloknya harga tomat dan cabai hanya berlangsung sementara. Dia memastikan harga bahan kebutuhan pokok di pasar akan naik kembali.

“Disatu sisi turunnya harga cabai rawit dan tomat itu disebabkan permintaan pasar yang sedikit, sementara hasil panennya melimpah. Apalagi ada kebijakan pemerintah tak boleh pesta atau kegiatan lainnya. Jadi, stok pun banyaklah,” jelas Barnandus.

Dia pun menyayangkan sikap pemerintah yang tidak melihat para pedagang maupun petani yang dipastikan tidak akan bisa menikmati keuntungan seperti yang diharapkan.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Merangkak Naik di Awal Juli 2021

Meski demikian, para pedagang hanya bisa berharap kondisi pandemi ini segera berlalu dan dapat kembali seperti dulu lagi.

“Kami berharap pandemi ini segera berlalu. Dengan begitu, kami, para pedagang kecil lainnya dapat kembali beraktivitas dan berusaha sebagaimana sedia kala. Tanpa ada lagi pembatasan, semua bisa berjalan seperti dulu lagi,” pungkasnya. (Yetty/hm06)

Related Articles

Latest Articles