18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Harga Ikan Basah di Medan Masih Mahal, Warga Pilih Ayam dan Tempe

Medan, MISTAR.ID

Harga ikan basah di pasar tradisional Kota Medan masih mahal dan sudah berlangsung lama. Karena mahal sebagian warga memilih untuk makan ayam, tempe, tahu dan juga telur atau ikan teri.

Seperti yang dikatakan Ina salah satu warga Medan Kota yang sedang berbelanja di Pasar Ikan Simpang Limun, Sabtu (31/7/21) mahalnya harga ikan basah membuatnya memilih membeli ayam, telur dan tempe untuk makanan sehari-hari.

“Ayam lagi murah, sekilo Rp22 ribu aja. Harga ikan udah Rp40 ribu per kilonya. Zaman lagi susah gini. Mending beli yang murah bisa makan sekeluarga,” katanya sambil asik memilih telur puyuh pada Mistar sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Pasokan Melimpah Harga Cabai Merah Anjlok, Namun Harga Ikan Melambung

Selain Ina, warga Medan lainnya juga mengeluh akan mahalnya harga ikan yang tak kunjung turun. Padahal harga komoditas seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih juga tomat dan sayuran lainnya di harga yang stabil.

“Kemarin saya baru masakan ikan teri campur tahu dan tempe. Bisa untuk sampai sore. Hari ini beli ayam dan stok telur juga. Semua harga mulai murah hanya harga ikan basah aja yang bertahan mahal. Kami di rumah ramai klo beli sikit ya untuk sekali makan aja. Makanya pilih yang murah ajalah di kondisi sekarang,” sebutnya.

Salah satu pedagang ikan bernama Uci mengatakan harga ikan basah bertahan mahal sejak bulan Ramadan kemarin sekitar bulan April 2021. Mahalnya harga ikan ini lantaran memang sudah dari agen sudah mahal alasannya sulit dapat ikan karena cuaca yang buruk.

” Hari ini harga ikan dencis Rp40 ribu per kg, ikan kembung Rp42 ribu per kg, ikan kakap merah Rp50 ribu per kg, ikan tongkol Rp44 ribu per kg. Harga seafood seperti udang mulai dari Rp55 ribu per kg, cumi-cumi Rp80 ribu per kg. Sementara ikan aso dan ikan caru yang murah Rp20 ribu per kg itupun ikannya kecil-kecil dan banyak orang yang kurang suka,” terangnya.

Baca juga:Sepekan Jelang Lebaran, Harga Komoditas di Medan Stabil, Ikan Mahal

Sementara itu, harga komoditas seperti cabai merah masih stabil di akhir pekan ini mulai dari harga Rp20 ribu per kg untuk jenis cabai kotak. Sedangkan cabai asal Berastagi dijual Rp32 ribu per kg. Cabai rawit hijau Rp44 ribu per kg, cabai hijau Rp24 ribu per kg, bawang merah Rp32 ribu per kg, bawang putih Rp28 ribu per kg dan tomat Rp6 ribu per kg.

Terpisah, di Pasar Petisah Medan, harga ikan basah juga masih bertahan mahal. Seperti ikan dencis Rp40 ribu per kg, ikan tongkol Rp40 ribu per kg, ikan kembung Rp45 ribu per kg, ikan kakap Rp65 ribu per kg. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles