11.5 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Harga Emas Dunia Menguat, Ini Kata Kepala Strategi Komoditas

Cichago, MISTAR.ID

Harga emas kembali menguat pada akhir perdagangan Senin (16/11/20) waktu setempat (Selasa pagi WIB). Kenaikan harga logam mulia ini terjadi di tengah investor mempertimbangkan kekhawatiran langsung atas meningkatnya kasus virus corona.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi COMEX New York Exchange, naik 1,6 dollar AS atau 0,08 persen ditutup pada 1.887,80 dollar AS per ounce.

Emas sempat turun 1,3 persen setelah Moderna mengatakan vaksin eksperimentalnya 94,5 persen efektif, tetapi ini lebih rendah dari penurunan dari lima persen setelah Pfizer pada Senin lalu (9/11/20) mengumumkan vaksinnya 90 persen efektif.

“Vaksin adalah berita yang sangat bagus, tetapi masalahnya akan memakan waktu cukup lama untuk menerapkannya bahkan di negara maju,” kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp6.000

Dia menambahkan, pasar telah menyesuaikan posisi minggu lalu di berita Pfizer. “Vaksin atau tanpa vaksin kami akan terus mengalami kesulitan ekonomi hingga kuartal ketiga tahun depan, kami akan membutuhkan stimulus moneter dalam jumlah besar dan kami sangat mungkin mendapatkan stimulus fiskal, yang pada akhirnya akan membantu memindahkan inflasi lebih dekat ke target,” sebut dia.

Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, telah naik lebih dari 24 persen tahun ini, terutama diuntungkan dari langkah-langkah stimulus global untuk meredam efek pandemi. Kasus virus corona melewati angka 11 juta di Amerika Serikat pada Minggu (15/11/20).

Sementara pasar mengantisipasi kembali normal pada paruh kedua 2021. “Itu masih menyisakan kesenjangan besar di beberapa ekonomi global yang perlu diisi oleh pemerintah dan bank sentral,” kata analis Saxo Bank Ole Hansen.

Para investor saat ini menunggu pidato Wakil Ketua Federal Reserve AS Richard Clarida pada 19.00 GMT. Sementara logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 2,7 sen atau 0,11 persen menjadi ditutup pada 24,802 dollar AS per ounce. Kemudian platinum untuk pengiriman Januari naik 31,5 dollar AS atau 3,52 persen menjadi ditutup pada 927,5 dollar AS per ounce.(kmp/hm07)

Related Articles

Latest Articles