7.8 C
New York
Friday, April 19, 2024

Harga Buah di Medan Relatif Stabil

Medan | MISTAR.ID – Harga buah di Kota Medan, Sumatera Utara, dalam beberapa hari terakhir relatif stabil didukung tetap lancarnya pasokan dari daerah sentra produksi pertanian seperti dari Kabupaten Karo.

Pantauan di Pusat Pasar Medan, Kamis (28/11/19), diketahui harga wortel Rp9.000 per kilogram, jambu biji Rp12.000 per kilogram, belimbing Rp13.000 per kg, markisa Rp24.000 per kg, terung belanda Rp24.000 per kg, buah naga Rp33.000 per kg, sirsak Rp22.000 per kg dan kuini Rp17.000 per kg

“Masih stabil, hanya mangga arum manis yang sedikit turun harganya dari sebelumnya Rp35.000, sekarang menjadi Rp22.000 per kilogramnya,” kata Sahat, pedagang di Pusat Pasar Medan.

Ia mengatakan naik atau turunnya harga buah memang sangat terpengaruh dengan persediaan yang ada di tingkat distributor serta lancarnya pasokan dari daerah sentra produksi buah seperti dari Kabupaten Karo maupun Langkat.

“Kalau pasokan dari Karo lancar, biasanya harga buah tetap saja. Tapi kalau pasokan sedikit, pasti harga akan naik ditingkat pengecer. Jadi semua itu ada sebab akibatnya. Kalau permintaan tinggi, harga juga pasti biasanya ikut naik,” katanya.

Sementara Ali, pengusaha Ali Cafe di Medan, menyebutkan stabilnya harga buah tentunya juga tidak berpengaruh pada harga jus yang dijualnya. “Segelas jus rata-rata hanya Rp8 ribu,” katanya.

Ia mengatakan biasanya harga buah akan naik menjelang akhir tahun terutama menjelang tahun baru. “Itu berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, menjelang tahun baru harga buah biasanya sedikit naik,” katanya. (ant/hm04)

Related Articles

Latest Articles