17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dolar AS Galau, Rupiah Menguat

Jakarta, MISTAR.ID
Di saat dolar Amerika Serikat (AS) sedang galau, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat di perdagangan pasar spot, Selasa (18/1/22).

US$ 1 setara dengan Rp14.300 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,1 % dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot di Rp 14.315/US$. Mata uang Tanah Air terdepresiasi 0,14%.

Baca Juga:Rupiah Terus Melemah, Dipicu Antisipasi Pengetatan Kebijakan Bank Sentral AS The Fed

Dalam sepekan terakhir, rupiah membukukan pelemahan tipis 0,07% di hadapan dolar AS. Namun selama sebulan ke belakang, rupiah masih menguat 0,42%.

Dolar AS memang sedang dilanda kegamangan. Di satu sisi, aura pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) semakin kuat. Ini tentu menjadi sentimen positif bagi mata uang Negeri Paman Sam.

Baca Juga:IHSG dan Rupiah Masih Akan Bergerak Sideways Pekan Ini

Namun di sisi lain, pelaku pasar sudah memperkirakan bahwa suku bunga acuan bakal naik tahun ini. Bahkan pelaku pasar memperkirakan Federal Funds Rate bisa naik empat kali.

Mengutip CME FedWatch, kemungkinan suku bunga acuan AS berada di 1-1,25% pada akhir 2022 adalah 33%. Saat ini suku bunga acuan ada di 0-0,25%. Jadi untuk mencapai 1-1,25% butuh empat kali kenaikan dengan asumsi 25 basis poin (bps) untuk sekali kenaikan.(cnbcindonesia/hm10)

Related Articles

Latest Articles