Diusulkan Pajak Mobil 0 Persen, Sri Mulyani Menolak dengan 3 Alasan

Sri Mulyani Menolak usulan pajak mobil 0 persen.(f:ist/mistar)

Jakarta, MISTAR.ID

Usulan Kementerian Perindustrian agar pajak mobil baru diturunkan sampai 0 persen, tidak mendapat respon baik dari Menteri Keuangan. Sri Mulyani secara tegas mengatakan menolak usulan tersebut.

“Kami saat ini tidak mempertimbangkan untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0 persen seperti yang disampaikan oleh industri dan Kementerian Perindustrian,” ucap Ani saat konferensi pers APBN KiTa edisi September 2020 secara virtual, Senin (19/10/20).

Dikatakan Sri Mulyani, ada beberapa pertimbangan yang digunakannya hingga akhirnya menolak usulan itu. Pertama, ia ingin insentif pajak bagi industri tidak diberikan pada satu sektor saja.

Kedua, ia mengklaim pemerintah sudah memberikan beberapa insentif yang juga cocok bagi industri mobil.

Baca juga: Perekonomian Sumut Mulai Pulih Meski Masih Terbatas

“Kami akan terus coba untuk berikan dukungan-dukungan kepada sektor industri keseluruhan melalui insentif-insentif yang kami sudah berikan,” jelasnya.

Alasan ketiga, kalau diberikan insentif pajak mobil baru 0 persen bisa memberi dampak negatif kepada perekonomian di sektor lain.

“Setiap insentif yang diberikan kami akan evaluasi lengkap sehingga kami tidak akan berikan insentif yang di satu sisi bisa memberikan dampak negatif ke kegiatan ekonomi lain,” katanya.(cnn/hm07)