7.9 C
New York
Friday, April 19, 2024

Distribusi BBM ke SPBU Mulai Normal

Medan, MISTAR.ID

Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) saat ini sudah berangsur normal. SPBU juga tetap menjaga stok BBM pengganti atau sejenis dengan BBK. Hal ini dikatakan Ketua DPC Hiswana Migas Sumut Rajali Husein, Senin (18/10/2021).

“Semua SPBU sudah mulai normal secara bertahap dan diusahakan merata. Serta diminta tetap menjaga stok. Pelan-pelan distribusi BBM sudah mulai berangsur normal dan merata, tidak ada lagi masalah,” kata Rajali.

Rajali menjelaskan bahwa persoalan kapal tanker yang terlambat sandar di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Medan Group Belawan sudah mulai diatasi dengan baik oleh PT Pertamina Sumbagut. Distribusi pun sudah berjalan terus menerus secara berkelanjutan.

Baca juga:Usai Bertemu Pertamina, Poldasu: 3 Kapal Pengangkut BBM Alami Masalah

“Saya sudah memantau distribusi secara bertahap sudah mulai normal. Jadi, pelan-pelan tidak ada lagi antrian di SPBU karena hampir merata semua SPBU sudah tersedia BBM,” ujarnya.

Dia menuturkan masyarakat tidak perlu panik karena masalah ini juga sudah dikoordinasikan antara Hiswana Migas dengan PT Pertamina secara berkelanjutan. “Kita harap masyarakat tidak panik. Lihat saja sendiri saat ini semua SPBU sudah mulai normal. Tidak ada lagi antrian,” jelasnya.

Terpisah, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melalui Fuel Terminal (FT) memastikan pendistribusian BBM ke SPBU di Sumut aman dan lancar. Pertamina berharap kedepannya pendistribusian BBM terus berjalan dengan normal.

“Alhamdulillah dari kemarin sudah normal. Berharap normal kembali seterusnya. Keinginan kita dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM,” sebut Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman.

Taufikurachman menjelaskan tiga kapal tanker pengangkut BBM tersebut, sudah tiba dan menyandarkan di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Senin (18/10/2021) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

“Tadi pagi (kemarin), jam 2 sudah tiba di Belawan. Sudah merapat, Bull Flores kapasitas 15,9 ribu Kiloliter (per kapal tanker),” sebut Taufikurachman.

Baca juga:Bila Terus Terjadi Kekosongan BBM, Organda Sumut Ancam Turun ke Jalan

Taufikurachman mengungkapkan untuk kebutuhan Gasoline di Sumut per hari capai 5 ribu kiloliter dan Gasoil 3.600 kiloliter. “Tiga kapal tanker, untuk memenuhi kebutuhan 7 hari kedepan. Sebelum 7 hari, sudah kembali masuk,” sebut Taufikurachman.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pembelian BBM di SPBU dengan sesuai kebutuhan dan tidak perlu takut kekurangan pasokan. “Insha Allah, distribusi BBM berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya. (anita/hm06)

Related Articles

Latest Articles