25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Dijual Terbatas, Minyak Goreng Harga Baru Picu Panic Buying

Medan, MISTAR.ID

Harga terbaru minyak goreng yang telah disesuaikan oleh Kementrian Perdagangan dengan harga Rp14.000 per liter masih dijual dengan harga sebelumnya di sebagian pasar tradisonal di Kota Medan. Harga minyak goreng tersebut masih dijual di harga Rp19.000 hingga Rp20.000 per liternya. Hal ini diungkapkan Pengamat Ekonomi Sunatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin yang menilai sejauh ini harga minyak goreng di pasar tradisional masih harga lama.

“Karena harga di sejumlah ritel modern, memang ditemukan harga jual minyak goreng sudah sesuai dengan harga baru yakni Rp14.000 per liter. Jadi sejauh ini saya menilai harga minyak goreng masih harga yang lama. Kalau arahan atau kebijakan mengenai harga minyak goreng yang baru. Menurut kabar yang saya terima, pasar tradisional itu baru akan menjual harga minyak goreng harga baru di minggu depan,” jelas Gunawan, Jumat (21/1/22).

Untuk itu, Gunawan menuturkan masyarakat harus menunggu sampai minggu depan untuk harga terbaru ini sebab berbeda dengan harga operasi pasar. Walaupun harganya sama, tetapi mekanismenya berbeda. Kalau operasi pasar selama ini dilakukan dengan menunjuk
tempat tertentu dengan jumlah yang terbatas. Maka harga minyak goreng yang baru dengan skema subsidi ini akan seperti penjualan minyak goreng pada umumnya. Beredar luas dengan harga yang baru.

Baca juga: Disperindag Deli Serdang Jual Minyak Goreng Murah Rp14 Ribu per Liter

“Jadi kalau memang nanti harga minyak goreng baru beredar luas di masyarakat. Maka di situ kita baru melihat adanya penurunan harga minyak goreng. Berbeda selama operasi pasar. Dimana sekalipun minyak goreng dijual dengan harga Rp14.000 per liter. Tetapi harga minyak goreng di pasar tetap saja tidak beranjak dari harga yang lama. Jadi kalau nanti minyak goreng yang berlaku sudah dengan harga yang baru. Maka minyak goreng akan diprediksi menyumbangkan deflasi pada bulan Januari,” urainya.

Sementara itu, solusi harga minyak goreng terjangkau sekalipun harga CPO mahal, ya sejauh ini ditempuh pemerintah dengan cara seperti ini. Seperti kebijakan Malaysia, dimana masyarakatnya juga bisa membeli minyak goreng dua jenis. Yakni minyak goreng dengan harga pasar serta minyak goreng subsidi.

“Nah, selama penjualan minyak goreng harga baru masih terbatas di toko ritel modern. Maka hal ini memicu terjadinya panic buying di tengah masyarakat. Masyarakat “berburu” minyak goreng begitu mendapatkan informasi minyak goreng dengan harga baru di salah
satu toko ritel modern tertentu. Ini wajar terjadi, tapi jangan dibiarkan terlalu lama,” sebutnya.

Untuk itu, distribusi atau penjualan minyak goreng dengan harga baru harus merata. Di sisi lain masyarakat jangan ikut-ikutan panik. “Karena arahan yang saya dengar kabarnya adalah distribusi ke pasar tradisional itu di pekan depan. Gak perlu tergesa-gesa atau ikutan panik mencari minyak goreng harga baru. Apalagi kalau ketersediaan minyak goreng di rumah masing-masing masih cukup sampai minggu depan,” pintanya.

Baca juga: Hore..! Harga Minyak Goreng Kini Rp14 Ribu Per Liter

Terpisah, salah seorang warga Medan Amplas bernama Nia, mengaku sudah mendatangi lima toko ritel modern seperti Indomaret dan juga Alfimidi. Namun semua mengatakan minyak goreng kosong. “Sejak tahu harga turun memang besoknya saya dan suami untuk pergi membeli minyak goreng tapi sampe 5 toko yang didatangi semua bilang stok kosong. Masih belum ada lagi. Kalau beli di pajak (pasar tradisonal) harganya masih mahal karena mereka kan beli dengan modal di atas harga minyak goreng terbaru. Jadi saya tunggu ajalah sampai datang lagi stoknya,” ceritanya.

Sama halnya juga yang dikatakan Hermina, warga Medan Johor ini mengaku nyaris tak kebagian minyak goreng di salah satu toko ritel modern di wilayah rumahnya. “Saya pas tahu harga minyak goreng turun langsung pergi mau beli kan. Tinggal satu bungkus lagi minyak goreng isi 2 liter yang tersisa. Saat saya tanya kapan lagi masuk minyak gorengnya penjaga toko. Belum tahu pasti,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: