18.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Brazil Setop Ekspor Daging ke China Pasca Penemuan Penyakit Sapi Gila

Brazil, MISTAR.ID

Ditemukannya dua kasus terkonfirmasi penyakit sapi gila di dua pabrik domestik terpisah membuat Brazil akan menghentikan sementara ekspor daging sapi ke China. Kementerian Pertanian Brazil mengatakan akan segera menghentikan ekspor daging sapi tersebut. China akan memutuskan kapan mulai mengimpor kembali daging sapi tersebut.

Penangguhan sementara ini diambil di bawah protokol bilateral kedua negara itu. Meski, kementerian menekankan tidak ada risiko bagi kesehatan manusia atau hewan. Brazil merupakan pengekspor daging sapi terbesar di dunia, di mana China sebagai pelanggan terbesarnya. Lebih dari setengah ekspor daging sapi Brasil ke China dan Hong Kong.

Kementerian menyatakan, kedua kasus ini tidak biasa karena penyakit ini muncul secara spontan dan sporadis, tidak terkait dengan makanan yang terkontaminasi.

Baca Juga:China Boikot Produk Australia

Dua kasus bovine spongiform encephalopathy (BSE) diidentifikasi selama pemeriksaan kesehatan di negara bagian Minas Gerais dan Mato Grosso pada sapi tua. “Brazil tidak pernah mencatat kasus klasik BSE,” kata kementerian yang secara resmi memberi tahu Organisasi Kesehatan Hewan Dunia.

Pada Juni 2019, Brazil juga pernah menghentikan sementara ekspor ternaknya ke China setelah kasus BSE yang tidak biasa terdeteksi di Mato Grosso pada sapi berusia 17 tahun. (detik/hm12)

Related Articles

Latest Articles