30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

BI Siantar Asah Kemampuan Wartawan Menulis Berita Ekonomi

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Guna mengasah kemampuan wartawan dalam penulisan berita ekonomi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar menggelar Media Gathering Capacity Buliding, Kamis (4/8/22) sore.

Kegiatan yang digelar di salah room hotel Jalan Teuku Umar Nomor 257 Geuceu Kayee Jato Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh Provinsi Aceh itu menghadirkan narasumber Nasiro, Asisten Redaktur Pelaksana media yang memberitakan perekonomian.

Kepala KPw BI Pematang Siantar, Teuku Munandar dalam kata sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan, menyampaikan media sangat berperan penting dalam mengedukasi dan menyampaikan informasi dalam perkembangan ekonomi.

Baca juga: Sosialisasi Literasi Keuangan, Masyarakat Harus Paham Memilih Lembaga Keuangan

“Contohnya dalam hal inflasi, masyarakat dapat diajak untuk berbelanja bijak sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Sementara Nasori memaparkan bagaimana menjadi wartawan ekonomi. Ia juga bilang, tidak ada rumus menulis berita ekonomi. Hal terpenting dalam menulis berita, jurnalis mau belajar lebih memahami berita yang akan ditulisnya.

“Dengan pemahaman kita bisa menulis dari sisi manapun dengan angle yang baik,” ujarnya.

Usai penjabaran dari narasumber, Santy Hutajulu dari Unit Data Statistik dan Kehumasan KPw BI Pematang Siantar meminta masukan dari Feby dari Departemen Komunikasi Kantor Pusat BI, agar wartawan yang ada di daerah bisa seperti wartawan di pusat dalam menyajikan berita ekonomi.

Baca juga: Pasar Keuangan IHSG Hingga Emas Berpeluang Anjlok Sepekan ke Depan

Di samping menyarankan agar Humas berperab memberikan jawaban atas informasi yang ditanyakan oleh para wartawan, Feby juga menyarankan pihak BI Pematang Siantar melakukan diskusi bersama para wartawan.

“Melalui (diskusi) itu kita bisa menginformasikan kebijakan kita. Kita bisa juga melakukan yang non formal, misalnya dengan ngopi bareng,” ungkapnya. BI Pematang Siantar juga disarankan agar melibatkan wartawan dalam setiap kegiatan, walaupun itu dilakukan bergilir. (ferry/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: