29 C
Medan
Monday, October 3, 2022
spot_img

BI Dorong UMKM di Medan Lakukan Sistem Pembayaran Digitalisasi

Medan, MISTAR.ID

Guna memberikan dukungan dalam mendorong ekonomi inklusif, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan perluasan digitalisasi sistem pembayaran dan pengembangan UMKM.

Digitalisasi sistem pembayaran ini ditekankan pada beberapa inisiatif prioritas seperti pengembangan infrastruktur SP Ritel melalui BI-FAST dan Standarisasi Pembayaran melalui QRIS.

Dikatakan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono bahwa BI-FAST merupakan sebuah terobosan baru pada infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang memfasilitasi transaksi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat untuk mencapai sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman dan andal (Cemumuah).

Baca Juga:Samsat Tebing Tinggi Sosialisasi PMKP Kendaraan Bermotor untuk Tingkatkan PAD

Lanjutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap implementasi BI-FAST,  Sosialisasi BI-FAST terus digecarkan. Seperti kegiatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan akseptasi BI-FAST di masyarakat untuk mendorong akselerasi perluasan ekosistem ekonomi keuangan digital yang inklusif di Indonesia.

Dalam merespons perkembangan digitalitasi saat ini, Bank Indonesia menerbitkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang berorientasi penuh pada upaya membangun ekosistem yang sehat untuk menavigasi perkembangan ekonomi dan keuangan digital di Indonesia.

“BI-FAST sebagai salah satu wujud implementasi BSPI 2025 untuk menjawab tantangan di era digital tentunya diharapkan mampu mewujudkan harapan tersebut,” katanya saat di Medan, Jumat (22/9/22).

Baca Juga:Pangkas Birokrasi, Dinsos Siantar Sosialisasikan Link Pendaftaran PBI-JK BJPS Kesehatan

Pengembangan BI-FAST ditujukan untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat maupun industri, termasuk industri UMKM.

Sinergi dan kolaborasi yang produktif dari seluruh stakeholders, terutama industri sistem pembayaran nasional, menjadi hal yang sangat krusial untuk bersama-sama menghasilkan kristalisasi strategi dan aksi yang terbaik dalam mewujudkan transformasi digital yang menyeluruh bagi negeri dan mendukung pemulihan ekonomi Nasional.

Sebagai wujud dukungan terhadap pengembangan UMKM, acara sosialisasi juga dirangkaikan dengan penyelenggaraan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) yang bertema “UMKM Sumatera Utara bangkit melalui digitalisasi dan globalisasi menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan”. (anita/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

Jalan Nasional Pakpak Bharat-Aceh Longsor, Bupati Temui Direktur Preservasi Jalan

Pakpak Bharat, MISTAR.ID Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menemui Direktur Preservasi Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Akhmad Chayadi di Jakarta, Senin (3/10/22). Dalam...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: