7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Bank Indonesia Siantar Salurkan Bantuan PSBI dan Sosialisasi QRIS

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Mewarnai peringatan Isra Miraj tahun 2022, Bank Indonesia melalui 7 (tujuh) Kantor Perwakilan terpilih menyalurkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke pesantren yang terdapat di masing-masing wilayah kerja. Ke-7 Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia terpilh tersebut antara lain KPw BI Pematangsiantar, KPw BI Maluku, KPw BI Balikpapan, KPw BI Kediri, KPw BI Sulawesi Tengah, KPw BI Papua dan Departemen Komunikasi (DKom).

Adapun PSBI yang diberikan itu berupa bantuan pembangunan dan penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pesantren. KPw BI Pematangsiantar menyalurkan bantuan kepada Pesantren Dhiyaul Hady Tanjungbalai yang berlokasi di Jalan Sawo Lk ll Kelurahan Sei Raja Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai Sumatera Utara. Rabu (2/3/22).

Salah satu alasan dipilihnya Kota Tanjungbalai, karena dengan mayoritas penduduk beragama Islam, namun belum terdapat pesantren yang representatif di kota ini, sehingga keberadaan pesantren dalam mendukung pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang religius dan berkualitas menjadi sangat penting bagi masyarakat Kota Tanjungbalai.

Baca juga: Bank Indonesia Canangkan SIAP QRIS di Pasar Horas dan Balairung Rajawali Siantar

Pembangunan pesantren juga diharapkan dapat menambah pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar melalui pengembangan dan peningkatan kualitas SDM melalui sektor pendidikan. Demikian siaran pers yang disampaikan Unit Data Statistik dan Kehumasan (UDSK) KPw BI Pematangsiantar, pada Kamis (3/3/22) pagi. Bantuan PSBI diserahkan Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar Teuku Munandar kepada M Encev Fariduddin selaku Ketua Panitia Pembangunan Ponpes Dhiyaul Hady Tanjung Balai, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai disaksikan oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib bersama santri dan santriwati Pesantren Dhiyaul Hadi Tanjungbalai.

Segenap pimpinan, pengurus, dan santri/wati yang hadir sangat bersyukur dan antusias serta mengapresiasi bantuan PSBI yang diberikan. Dalam sambutannya (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Bank Indonesia bagi pembangunan sarana pendidikan khususnya pesantren di Kota Tanjungbalai. Ia berharap itu jadi cikal bakal perkembangan kemajuan pendidikan pesantren di Kota Tanjungbalai.

Selain penyerahan bantuan, Bank Indonesia Pematangsiantar juga melaksanakan Sosialisasi Kebanksentralan, QRIS, serta Cinta Bangga Paham Rupiah kepada 80 (delapan puluh) kepada santri/wati pesantren. Melalui edukasi yang disampaikan, Bank Indonesia Pematangsiantar berharap para santri/wati tidak hanya cerdas dan paham ilmu agama tetapi juga menjadi generasi Islami yang dapat mengikuti perkembangan ilmu ekonomi, keuangan, teknologi dan keahlian Iainnya, sehingga ilmu dan pengetahuan yg dimiliki santri menjadi lengkap, baik ilmu agama maupun pengetahuan umum. (ferry/hm09)

Related Articles

Latest Articles