10.7 C
New York
Friday, April 26, 2024

Ahok Marah, Banyak Kontrak Bisnis BUMN dan Pertamina Rugikan Perusahaan

Jakarta, MISTAR.ID
Emosi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meledak saat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu menemukan banyaknya kontrak bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang merugikan perusahaan.

Mirisnya lagi, kontrak merugikan ini juga ada di Pertamina. “Banyak kontrak di BUMN yang merugikan BUMN termasuk di Pertamina,” ujar Ahok di akun YouTube Panggil Saya BTP, Jumat (26/11/21).

Masalahnya, beberapa kontrak bisnis itu justru menguntungkan pihak lain. Sementara, BUMN ‘buntung’. “Itu yang saya marah. Kenapa kontrak-kontrak ini menguntungkan pihak lain? Itu mens rea-nya tidak ada,” ujar Ahok.

Baca Juga:Mulai dari Menteri, Anggota DPR Hingga Ahok Ucapkan Selamat HUT Taput ke-76

Dia pun geram karena kontrak-kontrak ini tak dianggap masalah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurut Ahok, hal ini hanya akan berakhir menjadi persoalan salah bayar atau kelebihan bayar.

“Tapi mungkin Anda terlindungi oknum BPK, tidak ada kerugian kali atau dikatakan cuma salah bayar atau kelebihan bayar mungkin. Tapi kalau saya, pasti Anda saya proses,” katanya.

Menurut Ahok, kontrak yang merugikan BUMN ini terjadi lantaran direksi yang bersangkutan diimingi-imingi mendapatkan sesuatu. Salah satunya jabatan di perusahaan swasta setelah keluar dari BUMN itu.

Baca Juga:Ahok Sambut Kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air

“Jadi kadang-kadang mohon maaf, banyak oknum direksi BUMN seolah-olah takut padahal juga maling. Memang ada mens rea-nya tiba-tiba Anda sudah jadi komut (komisaris utama) di swasta,” papar Ahok.

Namun, Ahok tak menyebut lebih detail kontrak yang merugikan BUMN dan perusahaan pelat merah mana saja yang memiliki kontrak merugikan tersebut.(cnn/hm10)

Related Articles

Latest Articles