32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Trik Jalan-jalan Hemat Ala Milenial

MISTAR.ID

Jalan-jalan memang sudah menjadi kesenangan hampir setiap orang, termasuk anak-anak zaman now. Apa lagi bisa berhemat tapi bisa traveling atau liburan berkualitas dan menyenangkan hingga keliling dunia. Caile!

Nah buat kamu salah satu diantaranya, mungkin bisa diikuti tips ini, agar jalan-jalan kamu bisa dihemat seminim mungkin, tapi masih tetap bisa menikmati suasana traveling yang asyik dan menantang.

Dikutip dari Amartha.com, bagi para traveler sejati, berikut 6 tips untuk bisa tetap jalan-jalan yang hemat.

Baca juga:Bukit Lawang dan Tangkahan Diprioritaskan Jadi Destinasi Wisata Dunia

1. Tentukan destinasi sesuai budget
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih destinasi traveling yang sekiranya masih sesuai dengan kemampuan finansial. Ada banyak pilihan destinasi lokal yang tentunya menawarkan pengalaman yang sama namun dengan biaya yang relatif lebih bersahabat.

Menurut survei dilakukan oleh Topdeck Travel kepada 31 ribu milenial dari 134 negara berbeda, sebanyak 88 persen menyatakan telah menjelajah ke luar negeri sampai tiga kali dalam setahun dan 94 persennya merupakan rentang usia 18-30 tahun. Orang-orang muda dikatakan lebih tertarik untuk traveling ke luar negeri dibanding orang yang lebih tua.

2. Buat anggaran biaya traveling
Traveling membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan demikian penting untuk merencanakannya jauh-jauh hari seperti menentukan tanggal hingga mempersiapkan biayanya.

Perlu membuat anggaran biaya supaya memiliki gambaran berapa biaya yang perlu disiapkan, seperti biaya transportasi, penginapan, biaya makan, tiket, tour guide, hingga oleh-oleh.

3. Persiapkan budget jauh-jauh hari
Mempersiapkan budget traveling sejak jauh-jauh hari. Umumnya minimal enam bulan sebelumnya. Agar lebih ringan, sebaiknya menabung.

Belum lama ini telah dilakukan survei tentang seberapa sering milenial melakukan traveling. Menurut penelitian yang dilakukan oleh priveline.com, milenial traveler lebih memilih melakukan perjalanan singkat berkali-kali daripada melakukan perjalanan panjang dalam satu waktu.

Baca juga:Memilih Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

4. Rajin cari program promo
Memanfaatkan akses internet dan berbagai aplikasi OTA (online travel agencies) yang menawarkan berbagai program promo transportasi, penginapan, tiket wisata, hingga diskon makan selama liburan, tujuannya untuk menekan biaya liburan.

5. Bergabung dengan komunitas traveler
Sebagai sesama traveler tentunya bisa saling memahami bagaimana kondisi selama traveling dan bisa mendapatkan informasi paket traveling secara berkelompok (group) yang menawarkan budget murah.

6. Tawarkan jasa titip
Nah ini sih sedikit berbisnis jasa di saat kamu travelling. Cari tahu barang-barang apa saja yang unik dan menjadi daya tarik di destinasi wisata yang dituju, lalu googling juga di mana bisa mendapatkan barang-barang itu dengan harga yang murah.

Selanjutnya, tawarkan jasa titip ke teman atau keluarga dekat. Semakin banyak yang tertarik, maka semakin banyak uang tambahan yang bisa dikantungi. (merdeka/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: