23.9 C
Medan
Friday, December 3, 2021
spot_img

Tips Rumah Anti-Panas di Musim yang Panas

MISTAR.ID

Akhir-akhir ini suhu udara di Sumatera Utara cukup panas. Rumah yang selama ini menjadi tempat berlindung yang baik justru terasa gerah dengan suhu udara mencapai 34 derajat celcius. Rumah panas kerap kali menjadi permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di kawasan tropis seperti Indonesia.

Pengaruh cuaca yang semakin tidak stabil pun dewasa ini banyak menjadikan musim kemarau berlangsung lama, sehingga menyebabkan hawa di rumah semakin panas dan tidak nyaman.

Tak hanya cuaca, kondisi panas dan sumpek kerap kali terjadi di rumah yang memiliki konstruksi kurang baik, dari segi atap atau sirkulasi udara di dalam rumah yang membuat gerah.

Baca juga:Usai Liburan Musim Panas, Cristiano Ronaldo Bakal Kembali ke Italia

Lalu, bagaimana cara jitu mengurangi suhu udara yang panas? Nah, cara berikut ini bisa anda ikuti untuk mengurangi suhu udara yang panas.

Turbin Ventilator Atap

Teriknya matahari pada atap yang tidak menyerap dengan baik, kerap kali menjadikan area dalam rumah terasa panas.

Salah satu solusi untuk menguranginya adalah menyempurnakan sirkulasi di plafon untuk sirkulasi atap yang lebih baik. Anda bisa menggunakan turbin ventilator agar atap dapat menghisap udara panas. Alat ini pun berfungsi sebagai alat sirkulasi udara dengan baik.

Cat Anti-Panas

Jika ternyata Anda sudah menggunakan turbin ventilator pada atap dan rumah masih saja terasa panas dan gerah, mungkin permasalahannya ada pada cat yang tidak menyerap panas.

Cat pelapis anti-panas dapat menjadi solusi dengan fungsi menyerap panas matahari pada permukaan bangunan. Tentu saja cat ini sangat cocok digunakan oleh rumah yang menghadap ke paparan sinar matahari secara langsung.

Dengan menggunakan cat anti-panas, suhu ruangan di dalam ruangan pun akan terjaga untuk terus terasa sejuk. Anda dapat mengaplikasikan cat anti-panas ini untuk melapisi atap genting ke berbagaj jenis atap.

Gunakan Insulasi Atap

Bagi Anda yang belum tahu, ternyata insulasi atap memiliki banyak jenis yang dijual di pasaran. Insulasi atap ini bisa menjadi tips yang efektif untuk mengurangi rumah anti-panas.

Insulasi atap yang paling banyak dijual dan digunakan pun meliputi aluminium foil, bubble foil hingga glasswool.

Untuk aluminium foil sendiri merupakan insulasi atap yang banyak dipakai yang efektif melindungi kelembapan hingga bangunan dari panas. Aluminium foil memiliki bentuk lembaran dengan warna perak terang. Anda dapat memasangnya dengan mudah untuk membuat rumah anti-panas secara efisien.

Selanjutnya adalah bubble foil. Alat ini merupakan jenis insulasi atap yang memiliki bentuk hampir sama dengan aluminium foil. Perbedaanya, bubble foil memiliki tekstur bubble seperti lingkaran pada atas lembarannya. Bubble foil menjadi cara cepat untuk menyerap panas pada rumah.

Bubble foil pun lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena bahannya yang ramah lingkungan dan tidak beracun untuk manusia.

Insulasi atap yang terakhir adalah glasswool yang terbuat dari serat fiberglass sehingga membentuk lapisan wool.

alumunium foil. Jenis insulasi atap ini sering digunakan pada gedung perkantoran, pabrik dan area bangunan berukuran besar sehingga sangat efektif untuk menyerap panas hingga meredam suara.

Jendela Fungsional

Tips jitu lain adalah jendela fungsional. Selain menjadi dekorasi untuk desain interior dan eksterior, ternyata jendela memiliki beragam fungsi yang efektif mengurangi panas di dalam rumah, lho.

Jendela menjadi spesifikasi bangunan yang wajib ada, karena selain memberi pencahayaan alami lewat sinar matahari, jendela pun memberikan sirkulasi udara yang alami dan lebih sejuk.

Selain area plafon, jendela memiliki fungsi yang lebih efektif untuk membantu ruangan di dalam rumah lebih adem dan dingin. Anda bisa memanfaatkan jendela sebagai tips fungsional area bukaan untuk udara yang tersendat.

Tentunya semakin banyak jendela di dalam rumah maka semakin banyak udara yang keluar masuk rumah, sehingga menjadikan sirkulasi udara lebih lancar, sehat dan rumah jadi anti-panas.

Void Rumah

Tips jitu yang terakhir untuk mengurangi panas pada rumah adalah meninggikan void rumah.
Void rumah yang merupakan ruang hampa penghubung lantai dan atap bangunan menjadi cara yang efektif untuk menyerap panas di dalam rumah. Hal tersebut dikarenakan udara panas akan berkurang dan tersedot ke atap bangunan. Anda dapat merencanakan void rumah saat hendak membangun hunian untuk udara yang lebih segar di dalam rumah.

Nah, menarik bukan? Itulah dia beberapa tips jitu rumah anti-panas yang dapat menjadi referensi untuk Anda. (rumah123/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: