27 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

TIPS Menjawab SOAL CPNS

MISTAR.ID – Kita tahu, persaingan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin ketat.Lantas apa yang harus dipersiapkan untuk bisa lolos CPNS tahun ini.
Andri Adi Mustika, Berbagi pengalaman lolos CPNS Kementerian Agama di 2011. Mentor Kelas CPNS di lembanga bimbingan belajar 4JO memberikan tips dan trik saat menjawab soal CPNS

1. berpacu pada waktu.
Waktu yang disediakan panitia hanya 90 menit untuk menjawab 100 soal.Belum lagi kita berpacu ke passing grade tiap jenis soal.Untuk itu persiapan belajar, sebaiknya minimal 2 bulan sebelum tes. Diperlukan belajar intensif dengan waktu yang ketat.Perbanyak mempelajari dan mengulang-ulang soal-soal CPNS beberapa tahun yang lalu agar lebih mahir.Ibaratkan diri adalah seorang atlet yang membutuhkan latihan rutin setiap hari.

2. Jumlah Formasi
Tips lain, perlu mempertimbangkan peluang jumlah formasi. Harus berani memilih daerah yg kurang pendaftarnya, misalnya daerah terpencil.Karena kesemptan untuk menjadi PNS Sekarang ini semakin sulit, persaingan ketat dan tes penerimaannya tdk selalu ada setiap tahunnya.

3. Pertimbangkan Skor Nilai

Setiap jawaban TKP (tes Karakter Pribadi )punya nilai, skor dari 1-5. Artinya manapun jawaban yang dipilih tetap memiliki nilai.
Berbeda dengan TWK (tes Wawasan Kebangsaan) dan TIU, jika benar nilai 5 dan salah nilainya 0.
Biasanya soal TKP dari nomor 66-100.Soal TKP Sebanyak 35. Passing grade 143. Pastikan anda bisa menjawab soal TKP dengan benar sebanyak 25 soal.Jika salah, skornya 0. Artinya jika jawaban anda salah tidak akan mengurangi nilai anda.
Untuk disarankan jangan mengosongkan jawaban jika benar-benar tidak bisa menjawab soal. Jawab saja, siapa tahu betul.
Terpenting pastikan anda menjawab 16 soal TWK dengan benar. Karena 16×5= 80 poin. Passing grade TWK adalah 75. Ada kelebihan 5 poin. Alhamdulillah

4. Mendahulukan Soal yang Mudah
Tes Intelegensia Umum (TIU). Jumlah soal 30. Passing grade 80 poin. Sama dengan TWK, Setiap jawaban benar soal TIU mendapat tambahan skor 5. Jika salah, skornya 0.
Sekali lagi, kerjakan soal yang lebih mudah dulu. Seperti Bahasa Indonesia, Sinonim, Padanan Kata dan antonim. Karena soal ini tidak terlalu menyita waktu.
Kemudia lanjut soal cerita yang tidak terlalu panjang paragrafnya.
Setelah itu soal matematika. Numerik biasanya lebih mudah dibanding deret aritmatika.
Pastikan anda bisa menjawab Soal TIU sebanyak 16 nomor. 16×5=80.

Beberapa Hal Non Teknis Tapi Penting Untuk Anda Waspadai

Selain faktor di atas, ada beberapa hal lain yang penting untuk anda waspadai. Hal ini dikarenakan keberhasilan ujian CPNS merupakan kombinasi dari persiapan yang matang serta izin dari Allah.

Berdasarkan pengalama beberapa rekan, anda harus mewanti-wanti hal-hal berikut:

1. Pastikan anda mengetahui lokasi ujian paling lambat H-1 ujian

Salah satu kesalahan fatal yang seringkali memengaruhi keberhasilan CPNS adalah mengetahui dengan detail lokasi ujian anda.

Tidak hanya nama wilayahnya saja, pastikan anda tahu di jalan apa, gedung apa dan ruangan berapa.

Jangan sampai anda grasak-grusuk di pagi hari mencari lokasi ujian anda dan menyebabkan konsentrasi anda terganggu.

2. Jangan begadang H-1 ujian

Ini ujian CPNS, bukan UTS atau UAS yang bisa anda kebut semalam. Jaga kondisi anda paling tidak H-1 ujian agar mampu menyelesaikan ujian dengan prima.

3. Pastikan anda sarapan sebelum berangkat

Anda tidak pernah tau apa yang akan terjadi saat ujian nanti. Karena itu, pastikan anda berangkat ujian dalam perut yang sudah terisi.

Bila perlu, siapkan bekal untuk mengantisipasi kondisi lapar saat akan menghadapi ujian nantinya.

4. Selesaikan buang air besar dan buang air kecil anda sebelum ujian

Perkara buang air ini memang menyebalkan. Dia datang tak diundang, bahkan kerap di waktu yang tidak tepat.

Pastikan anda sudah BAB dan BAK sebelum menghadapi ujian. Bila anda tipe yang suka sakit perut mendadak, ada baiknya menyelesaikan hajat ini dulu di rumah sebelum berangkat.

Jangan sampai kejadian ini mengganggu konsentrasi anda saat menghadapi ujian.

5. Datang minimal 1 jam sebelum ujian di mulai

Anda tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalanan saat menghadapi ujian CPNS nantinya.

Siapkan diri anda dengan berangkat lebih awal sehingga anda bisa terhindar dari macet atau hal menyebalkan lain. (tribun/kompas/hm06)

ket foto : ilustrasi (tribun)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: