Tips Keamanan Genset Yang Mungkin Menyelamatkan Hidup Anda

Ilustrasi. (f:ist/mistar)

MISTAR.ID

Lebih dari 900 orang meninggal karena keracunan karbon monoksida, dan ribuan lainnya cedera dalam kurun tahun 2005 hingga 2017, berkaitan dengan menggunakan genset di rumah saat listrik padam. Anda mungkin jarang bergantung pada genset yang hanya sesekali digunakan sehingga mudah untuk mengabaikan langkah-langkah keamanan dasar yang harus dilakukan secara rutin dengan peralatan tersebut.

Penyalahgunaan genset sering menyebabkan kematian akibat keracunan karbon monoksida (CO) dan cedera akibat luka bakar. Masalah terbesar, menurut laporan dari Komisi Keamanan Produk Konsumen, adalah keracunan CO. Genset dapat menghasilkan tingkat karbon monoksida yang mematikan, gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.

Karbon monoksida dapat membunuh Anda dalam waktu 5 menit jika kadarnya cukup tinggi, menurut pedoman keselamatan dari National Institutes of Health. Dan data dari CPSC menunjukkan bahwa dari tahun 2005 hingga 2017 lebih dari 900 orang meninggal karena keracunan karbon monoksida saat menggunakan genset.

Baca juga: 3 Pemuda Diduga Tewas Akibat Keracunan Asap Genset di Berastagi

Untuk mengurangi risiko keracunan karbon monoksida, saat ini beberapa genset baru dilengkapi sensor bawaan yang memicu pematian otomatis jika CO menumpuk hingga tingkat berbahaya di ruang tertutup, dan beberapa juga memiliki mesin yang mengeluarkan lebih sedikit CO. Data uji terbaru dari CR menunjukkan bahwa fitur keselamatan ini kemungkinan besar akan menyelamatkan nyawa.

Baik Anda membeli generator baru yang menerapkan standar keselamatan baru ini atau masih menggunakan genset model lama tanpa pematian otomatis, tetap menyarankan konsumen untuk mengikuti saran keselamatan berikut ini.

Tips Keamanan Genset
-Jangan pernah menghidupkan genset di ruang tertutup atau di dalam ruangan. Sebagian besar cedera dan kematian terkait genset melibatkan keracunan CO dari genset yang digunakan di dalam ruangan atau di ruang yang sebagian tertutup. Itu termasuk ruang bawah tanah atau garasi. Selalu letakkan generator setidaknya berjarak 20 kaki dari rumah dengan knalpot mesin menjauhi jendela dan pintu.

Jika Anda menggunakan genset dalam waktu yang lama “gunakan detektor karbon monoksida yang juga berfungsi sebagai baterai,” kata Ken Boyce, manajer teknisi utama yang ditunjuk di UL. Alarm karbon monoksida memberikan paling tidak satu lagi perlindungan tambahan untuk kewaspadaan Anda.

Baca juga: Pengendara Sepeda Motor Tewas Digilas Truk

– Upayakan genset tidak terpapar curah hujan. Anda bisa membeli tenda khusus untuk menjaganya tetap terlindung dan tetap berventilasi baik.

– Sebelum mengisi bahan bakar, matikan genset dan biarkan mesinnya dingin. Bensin yang tumpah pada bagian mesin yang panas dapat terbakar. Membiarkan mesin menjadi dingin juga mengurangi risiko luka bakar saat mengisi bahan bakar.

– Sediakan bensin ekstra dan simpan dengan benar. Jika Anda merasa perlu menggunakan genset untuk waktu yang lama, Anda pasti memerlukan bahan bakar tambahan. Pastikan untuk menyimpan bahan bakar dalam wadah yang aman di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Menambahkan penstabil ke dalam wadah penyimpanan juga akan membantu bahan bakar bertahan lebih lama, tetapi jangan menyimpan bensin di dekat sumber panas atau barang dengan bahan mudah terbakar, atau di dalam rumah.

– Beli genset dengan teknologi keamanan CO bawaan. Banyak genset baru memiliki perangkat yang mendeteksi tingkat karbon monoksida yang berbahaya dan mematikan mesin ketika levelnya naik terlalu tinggi. CR menguji fitur keamanan ini dan sekarang hanya merekomendasikan genset dengan teknologi yang berpotensi menyelamatkan nyawa ini.

– Hindari bahaya listrik. Jika Anda belum memiliki sakelar transfer, Anda dapat menggunakan stopkontak pada genset — asalkan Anda mengikuti tindakan pencegahan tertentu: Yang terbaik adalah mencolokkan peralatan langsung ke generator. Jika Anda harus menggunakan kabel ekstensi, kabel tersebut harus khusus untuk penggunaan di luar ruangan, dengan nilai (dalam watt atau amp) setidaknya sama dengan jumlah beban peralatan yang terhubung.

– Jangan mencoba menambah daya listrik di rumah. Di sini artinya Anda mencoba memberi daya pada kabel rumah Anda dengan mencolokkan genset ke stopkontak. Praktik sembrono dan berbahaya ini memberikan risiko sengatan listrik bagi pekerja utilitas dan tetangga dari transformator utilitas yang sama. Ini juga akan melewati beberapa perangkat perlindungan sirkuit rumah bawaan, sehingga berpotensi membakar beberapa peralatan elektronik Anda atau bisa menyalakan api listrik. (consumerreport/ja/hm09)