31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Robocop Covid: Robot yang Mengingatkan Anda Memakai Masker

Paris, MISTAR.ID

Sebuah robot telah diciptakan oleh para insinyur, yang dapat mendeteksi apakah orang mengenakan masker untuk berjaga-jaga terhadap Covid-19 dan, jika tidak, dengan sopan akan mengingatkan mereka agar mengenakannya.

Fitur tersebut merupakan peningkatan robot Pepper, robot setinggi 120 cm dengan fitur mirip manusia yang sudah beroperasi di beberapa negara menyambut pengunjung ke toko, pameran, dan ruang publik lainnya.

Kamera pada robot Pepper memindai wajah orang-orang yang mendekatinya, dan jika mendeteksi bahwa bagian bawah wajah mereka tidak tertutup, maka ia akan mengucapkan frasa: “Anda harus selalu memakai masker dengan benar.”

Baca Juga :Pelindung Wajah dan Masker Berkatup Tidak Efektif Mencegah Covid-19

Dan apabila dilihat bahwa pengunjung kemudian memakai masker, robot ini akan menindaklanjuti dengan kalimat: “Terima kasih telah memakai masker Anda.”

Idenya bukanlah untuk memiliki robot polisi yang memeriksa apakah orang-orang memakai masker atau tidak, tetapi untuk menyediakan sebuah pengingat yang ramah, kata Jonathan Boiria, kepala penjualan di Eropa untuk SoftBank Robotics, perusahaan di belakang Pepper.

“Toko-toko harus menempatkan beberapa karyawan di pintu masuk, untuk memastikan pemakaian masker oleh setiap pengunjung, dan terkadang itu sulit,” kata Boiria kepada Reuters di Paris.

“Robot ini memungkinkan Anda tidak perlu menempatkan beberapa orang karyawan unutk tugas tersebut sehingga mereka dapat fokus pada tugas normal mereka.”

Baca Juga: WNI Boleh Masuk Sarawak, Ini Syaratnya

“Kita semua adalah manusia. Kadang-kadang saya melepas masker saat turun dari bus dan saya lupa memakainya kembali saat saya tiba di kantor. Robot itu memberikan pengingat. Kita semua bisa salah atau lupa.” (reuters/ja/hm11)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: