25 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Pelajaran Parenting dari Drama Korea The World of The Married

MISTAR.ID-Drama korea The World of The Married ditonton dan dilabel sebagai drama yang berfokus pada masalah rumah tangga dan perselingkuhan.

Namum kita masih bisa mendapatkan pelajaran berharga tentang parenting, bagaimana hubungan anak dan orangtua, terutama bagaimana karakter Sun Woo dan anaknya Joon Young menghadapi masalah pelik yang terjadi di keluarga mereka.

1. Pertikaian orangtua memengaruhi kesehatan mental anak

Joon Young awalnya adalah anak yang bahagia, sehat dan positif. Tapi semenjak orangtuanya mulai bermasalah dan saling bermusuhan, kesehatan mentalnya terganggu, bahkan ia sempat mengindap kleptomania akibat masalah orangtuanya.

Dari hal ini kita bisa melihat bahwa ketidakharmonisan dalam rumah tangga sangat rentan terhadap kesehatan mental anak, terutama untuk anak yang usianya masih belia, yang masih dalam tahap pertumbuhan, sehingga belum bisa menghadapi hal-hal berat.

2. Anak mencontoh orangtua

Ada suatu episode dimana Joon Young melampiaskan amarah dengan memukul temannya sendiri. Ia meniru perbuatan ayahnya yang pernah memukul ibunya karena marah.

Untungnya Sun Woo cepat bertindak dan mengugat cerai suaminya agar anaknya terlepas dari ayahnya. Pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, selalu tepat untuk menggambarkan bahwa perilaku orangtua selalu dicontoh oleh anak.

3. Bersikap terbukalah kepada anak perihal masalah keluarga

Seringkali ketika pasangan suami istri menghadapi masalah, tidak ingin anak-anak tahu dan tidak mau sampai menyusahkan anak. Padahal tanpa disadari anak bisa melihat dan mengetahui masalah orangtuanya.

Seperti Joon Young yang sudah menyadari keretakan hubungan orangtuanya sejak lama, namun Sun Woo dan suaminya berusaha menyembunyikan hingga menimbulkan kesalahpahaman. Oleh sebab itulah Sun Woo akhirnya menyadari bahwa anaknya harus tahu dan sudah cukup dewasa untuk mengetahui masalah yang sedang terjadi.

4. Anak tetap dan menyayangi orangtuanya meski bertikai

Setelah Joon Young tega mengkhianati sang ibu karena salah paham, Sun Woo tetap berusaha demi kepentingan Joon Young. Dan sebagai anak, Joon Young pun tetap mencintai orangtuanya tanpa batas, dan pada akhirnya bersatu kembali dan menyayangi satu sama lain dan berjuang untuk bahagia.

5. Kebahagian anak terletak pada kebahagiaan orangtua

Sebagai oranagtua kita selalu melakukan apapun demi anaknya sampai mengorbankan diri sendiri. Oleh karena itu orangtua juga patut memastikan bahwa diri sendiri bahagia sehingga anak juga akan bahagia dengan sendirinya.

Sumber: Hellokpop
Pewarta: Julyana Ang
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: